Perjalanan Dinamis Politeknik Negeri Jakarta: Membangun Profesionalisme dan Kemitraan Industri dalam Pendidikan Vokasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

14 Maret 2024, 10.36

Sumber: id.wikipedia.org

Politeknik Negeri Jakarta (disingkat sebagai PNJ)/Politeknik UI (1982) adalah salah satu perguruan tinggi negeri politeknik berstatus BLU yang terdapat di areal kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Politeknik Negeri Jakarta telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan selalu melakukan evaluasi diri dan pengembangan kemitraan dengan berbagai lembaga, merupakan suatu komitmen kelembagaan sehingga setiap perubahan baik di sisi internal maupun eksternal.

Politeknik Negeri Jakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan program vokasi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia profesional di industri, baik industri jasa maupun industri manufaktur. Pembelajaran menerapkan Kurikulum Nasional (Kurnas) pendidikan profesional secara bertanggung jawab dengan didukung oleh dosen-dosen profesional. Sistemnya adalah dengan mempertemukan ilmu dan teknologi sesuai komposisi teori 45 persen dan praktik 55 persen yang diterapkan secara harmonis untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan memenuhi kualifikasi industri.

Sejarah Politeknik Negeri Jakarta bermula dari Fakultas Non-Gelar Teknologi Universitas Indonesia (FNGT UI) yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia. Politeknik Universitas Indonesia ditetapkan sebagai salah satu dari enam perguruan tinggi yang mendapat proyek pembangunan Pendidikan Politeknik Tahap I dari Dikti. Politeknik Universitas Indonesia pada tanggal 20 September 1982. Sejak tanggal 25 Agustus 1998, Politeknik UI berubah nama menjadi Politeknik Negeri Jakarta dan berwenang menyelenggarakan peraturan tersendiri berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 207/O/1998. Meski begitu, universitas PNJ masih menjalin kontak dengan universitas di Indonesia.

Awalnya berdiri tiga jurusan: Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro. Selain itu pada tahun 1986 dibentuk Departemen Perdagangan dan menjadi Departemen Akuntansi dan Departemen Administrasi Bisnis. Pada tahun 1990, Departemen Teknologi Grafis dan Percetakan didirikan melalui usaha patungan antara Universitas Politeknik India dan Institut Grafik India. Kemudian pada tahun 2014, beberapa program penelitian dipisahkan dari Departemen Teknik Elektro dan dibentuklah Departemen Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org