Perhatian Kementerian PUPR: Bangun Hunian Layak untuk Nelayan Sulawesi Tenggara

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Februari 2024, 14.36

Sumber: pu.go.id

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun 30 unit rumah khusus (Rusus) nelayan di Desa Laimeo, Wilayah Administratif Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Rumah-rumah ini dibangun pada tahun 2019 dengan anggaran Rp 3,6 miliar. Tujuan didirikannya Rusus Nelayan adalah untuk memberikan tempat tinggal yang layak dan nyaman bagi para nelayan dan keluarganya serta meningkatkan kesejahteraan dan perekonomiannya.

Kementerian PUPR berharap para nelayan yang tinggal di Desa Laimeo, Wilayah Administratif Rusus Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara dapat menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya. Rumah-rumah tersebut dibangun di atas lahan seluas 28 hektar milik pemerintah desa Laimeo. Lokasi bangkai kapal dekat dengan pantai sehingga memudahkan nelayan melaut. Pembangunan bangkai kapal memakan waktu sekitar enam bulan.

Kementerian PUPR mengalokasikan Rp3,6 miliar untuk pembangunan 30 unit Rusus bagi nelayan di Desa Laimeo, Wilayah Administratif Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Nelayan dan keluarganya telah menghuni rumah tersebut sejak awal tahun 2020. Kepala Desa Laimeo Nurlia R mengapresiasi bantuan tersebut dan mengatakan masih banyak nelayan yang membutuhkan hunian layak. Ia berharap Kementerian PUPR dapat terus membantu para nelayan di wilayahnya.

Disadur dari: pu.go.id