Peran Vital Teknik Kimia dalam Industri: Mendesain, Mengoptimalkan, dan Berkontribusi pada Pembangunan Berkelanjutan

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

24 April 2024, 08.56

Sumber: studyline.net

Kimia didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari bahan dan elemen, serta interaksinya satu sama lain, tetapi jurusan Teknik Kimia berkisar pada pengubahan bahan mentah dan bahan kimia menjadi produk yang berguna dan bernilai. Mahasiswa mempelajari ilmu teknik umum seperti matematika, fisika dan biologi, dan ilmu-ilmu ini digunakan untuk mempelajari reaksi kimia, dan kemudian mahasiswa beralih untuk lebih mengkhususkan diri dalam ilmu teknik kimia.

Teknik Kimia bertujuan untuk melatih para insinyur yang mampu merancang mesin, pabrik kimia, dan jalur produksi di pabrik-pabrik yang mengandalkan reaksi kimia dalam pekerjaan mereka, selain memberi mereka kemampuan untuk mengembangkan mesin, stasiun, dan jalur produksi ini serta memecahkan masalah yang mereka hadapi selama bekerja.

Teknik Kimia masuk ke universitas pada dekade pertama abad ke-20, dan merupakan salah satu jurusan yang paling maju sebagai hasil dari perkembangan besar yang dialami umat manusia dalam semua aspek kehidupan manusia.

Perbedaan antara Teknik Kimia dan Kimia:

Beberapa orang mungkin bingung dengan kedua jurusan ini, tetapi ada perbedaan mendasar antara kedua cabang universitas ini, di mana misi lulusan Jurusan Kimia terbatas pada penelitian kimia di dalam laboratorium dan untuk memberikan hasil terbaik, sedangkan insinyur kimia cenderung pada sisi aplikasi praktis seperti pabrik, stasiun, dll. Pekerjaan insinyur kimia dianggap saling melengkapi dengan pekerjaan lulusan Departemen Kimia.

Durasi studi:

Mahasiswa belajar selama empat tahun di universitas-universitas Turki, yang dianggap sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia, karena penerapan metode pendidikan terbaru, dan penggunaan laboratorium canggih terbaik dalam eksperimen praktis.

Pentingnya Teknik Kimia:

Insinyur kimia tidak meninggalkan sebuah produk industri sampai mereka memberikan jejak positif pada produk tersebut. Ada banyak contoh dan kami mengulas beberapa di antaranya di industri pupuk, makanan, pakaian, plastik, sektor pertambangan, pabrik semen, besi dan baja, pabrik yang memiliki tungku besar untuk berbagai produk, ladang minyak dan gas, fosfat, dan stasiun penyulingan minyak.

Selain itu, insinyur kimia berkontribusi secara signifikan dalam melestarikan lingkungan dan mengurangi polusi dengan mengembangkan mekanisme kimia untuk mengolah limbah dan mendaur ulang air, serta menemukan cara untuk mendaur ulang barang dan tidak membuangnya. Oleh karena itu, insinyur kimia menikmati posisi yang menonjol dalam masyarakat manusia karena mereka dapat menempati pekerjaan terbesar dan mendapatkan gaji yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Universitas terus berupaya mengembangkan jurusan Teknik Kimia untuk mengimbangi semangat zaman, dan perkembangan luar biasa yang dialami umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan, karena jurusan Teknik Kimia menyaksikan peningkatan permintaan dari para siswa yang bercita-cita untuk masa depan yang menjanjikan.

Kurikulum Teknik Kimia:

Jurusan Teknik Kimia mencakup berbagai mata kuliah ilmiah yang mencakup sekelompok ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi para lulusan untuk melaksanakan tugas-tugas mereka dengan cara terbaik. Nama-nama mata kuliah mungkin berbeda di antara berbagai universitas, dan ini adalah model untuk beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan Teknik Kimia:

  • Tahun Pertama: Pengantar Teknik Kimia - Kalkulus - Fisika Umum - Kimia Umum - Teknik Komputer Grafika - Psikologi dan Keterampilan Komunikasi - Pengantar Algoritma dan Pemrograman.
  • Tahun kedua: Mekanika Fluida - Kimia Fisik - Pengukuran Elemen - Termodinamika untuk Teknik Kimia - Pengantar Pemrograman untuk Insinyur - Aljabar Linier Persamaan Diferensial.
  • Tahun Ketiga: Teknik Reaksi Kimia - Perpindahan Massa - Laboratorium Teknik Kimia - Statistika dan Probabilitas - Ekonomi Teknik - Perpindahan Panas.
  • Tahun Keempat: Energi Berkelanjutan dan Terbarukan - Laboratorium Teknik Kimia - Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Proyek Kelulusan.

Bidang Karir:

Jurusan teknik kimia sangat populer di pasar tenaga kerja lokal dan internasional, dan para insinyur kimia dapat menempati banyak pekerjaan bergengsi di pasar tenaga kerja seperti:

  • Perusahaan Minyak.
  • Institusi Farmasi dan Pabrik Farmasi.
  • Pabrik makanan.
  • Perusahaan Pakaian.

Disadur dari: studyline.net