Peran Penting Akuntansi Biaya dalam Mendorong Profitabilitas di Bidang Manufaktur

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

06 Mei 2024, 09.01

Sumber:  claconnect.com

Wawasan utama
Meskipun banyak eksekutif manufaktur memahami fungsi penting dari sistem biaya yang kuat, metode perhitungan dan interpretasi hasil sering kali menjadi tantangan yang signifikan.
Sistem akuntansi biaya yang efektif adalah sistem yang - semaksimal mungkin - menyelaraskan kumpulan biaya dengan pendorong perilaku dan menggabungkan konsep pemanfaatan kapasitas dan efisiensi.
Kesalahpahaman tentang penetapan biaya dapat menyebabkan kesalahan penetapan biaya dan keputusan bisnis yang buruk.

Perlu bantuan untuk meningkatkan profitabilitas dan menyempurnakan pendekatan akuntansi biaya anda?

Akuntansi biaya adalah disiplin ilmu khusus yang tidak selalu ditemukan dalam kekuatan departemen akuntansi perusahaan manufaktur. Para pemimpin mungkin memiliki gambaran tentang bagaimana kinerja perusahaan mereka secara keseluruhan, tetapi mereka mungkin tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang bagian mana dari bisnis mereka (pelanggan, produk, lini produksi) yang membantu atau mengganggu kinerja secara keseluruhan. Tinjau informasi utama untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Anda tentang konsep biaya dasar, bagaimana produsen menggunakan informasi biaya, dan kesalahan umum yang dibuat dalam interpretasi perhitungan biaya.

Akuntansi biaya dan penggunaan praktisnya
Akuntansi biaya adalah metode pengalokasian biaya yang terkait dengan produksi. Fokus artikel ini adalah pada penetapan biaya yang digunakan untuk analisis internal dan pengambilan keputusan. Metode biaya untuk pelaporan keuangan eksternal mungkin berbeda.

Penggunaan umum perhitungan biaya untuk tujuan internal meliputi:

  • Membantu menetapkan harga
  • Mendorong keputusan strategi bisnis
  • Memantau produksi
  • Meskipun kompleksitas perhitungan biaya sangat bervariasi, tergantung pada informasi yang tersedia dan seluk-beluk perusahaan, ada beberapa konsep dan definisi dasar yang perlu dirangkum.

Kumpulan biaya
Pengelompokan biaya adalah pengelompokan semua pengeluaran yang teridentifikasi (biaya) yang terkait dengan produksi.

Biaya biasanya masuk ke dalam salah satu dari empat kategori dasar:

  • Biaya langsung - Biaya material dan tenaga kerja yang secara langsung terkait dengan produksi suatu unit.
  • Biaya variabel - Biaya yang dikeluarkan yang berfluktuasi terkait dengan tingkat produksi.
  • Biaya overhead - Biaya tidak langsung yang terjadi selama proses produksi yang tidak dapat secara langsung dikaitkan dengan suatu pekerjaan.

Biaya tetap - Biaya yang dapat diprediksi dan konsisten pada rentang produksi yang relevan. Beberapa biaya tetap yang biasanya signifikan yang termasuk dalam model penetapan biaya adalah:

  • Penyusutan peralatan
  • Sewa atau penyusutan fasilitas
  • Tenaga kerja administratif
  • Asuransi bisnis
  • Pajak properti
  • Pemicu biaya

Pemicu biaya adalah faktor model penetapan biaya yang digunakan untuk menerapkan biaya dalam kumpulan biaya ke unit produksi. Pertanyaan yang sering muncul adalah biaya apa saja yang harus dimasukkan sebagai bagian dari alokasi dan biaya apa saja yang harus dikeluarkan. Meskipun jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada tujuan perhitungan, sebagian besar sistem biaya internal akan mempertimbangkan semua biaya perusahaan.

Sistem akuntansi biaya yang efektif adalah sistem yang - semaksimal mungkin - menyelaraskan kelompok biaya dengan pendorong perilaku dan menggabungkan konsep pemanfaatan kapasitas dan peningkatan efisiensi. Ketika menyusun sistem akuntansi biaya, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan tim yang terdiri dari para profesional operasional dan akuntansi biaya yang berpengalaman.

Enam kesalahan umum dalam penetapan biaya
Berikut adalah beberapa kesalahpahaman dasar yang sering ditemui oleh para pemimpin bisnis ketika menggunakan atau menerapkan penetapan biaya.

1. Tidak memahami perbedaan antara pelaporan prinsip akuntansi berterima umum (GAAP) dan akuntansi biaya manajemen

Penentuan biaya yang dilakukan untuk pelaporan GAAP terutama dilakukan untuk tujuan pelaporan keuangan eksternal, sedangkan akuntansi biaya manajemen dilakukan untuk tujuan menyediakan informasi manajemen untuk pengambilan keputusan operasional. Keduanya sangat berharga bagi para pemimpin bisnis, tetapi sering disalahartikan sebagai hal yang sama.

2. Penyederhanaan yang berlebihan

Titik awal untuk banyak perhitungan biaya didasarkan pada perhitungan matematis sederhana yang menerapkan sekumpulan kecil kumpulan biaya untuk produksi menggunakan penggerak biaya tunggal (misalnya, jam kerja langsung). Tantangan dalam melakukan perhitungan matematis sederhana adalah hasilnya dapat dengan mudah disalahpahami - karena kedua sisi perhitungan dapat berubah.

3. Tidak memperhitungkan kelebihan kapasitas dan mengasumsikan efisiensi yang optimal

Perhitungan biaya sering kali bergantung pada asumsi yang salah bahwa tingkat produksi saat ini adalah kapasitas penuh dan bahwa rencana tersebut beroperasi pada efisiensi yang konsisten dengan entitas lain di pasar. Jika sebuah organisasi tidak beroperasi pada kapasitas penuh atau memiliki tantangan efisiensi yang signifikan, penting untuk mempertimbangkan biaya dari faktor-faktor ini dalam perhitungan biaya.

Kurangnya pemanfaatan mungkin lebih tepat dipisahkan ke dalam ember biayanya sendiri daripada berdampak pada semua elemen biaya dari area bisnis yang diukur (kurang dimanfaatkan sering kali merupakan masalah penjualan, bukan biaya yang harus ditingkatkan oleh produksi). Kegagalan dalam memahami dan mengelola dampak biaya dari underutilization secara tepat dapat menyebabkan kesimpulan yang salah dan mempengaruhi keputusan bisnis yang buruk.

4. Tidak mengumpulkan atau melacak data yang akurat

Menerapkan infrastruktur teknologi yang canggih adalah investasi yang terkadang diabaikan oleh perusahaan manufaktur. Perhitungan biaya pada umumnya sangat dipengaruhi oleh akurasi serta waktu dari data produksi.

Keterjangkauan teknologi untuk melacak, menyusun, dan melaporkan data produksi semakin membaik dan harus menjadi bagian dari strategi transformasi digital perusahaan manufaktur. Pertimbangkan perangkat keras dan perangkat lunak serta sumber daya profesional untuk mengimplementasikan, menyusun, dan menginterpretasikan data.

5. Mengandalkan penetapan biaya sebagai satu-satunya penentu harga

Meskipun memahami biaya suatu produk adalah bagian penting dalam menetapkan harga jual, setidaknya sama pentingnya untuk mempertimbangkan kondisi pasar. Tidaklah praktis bagi sebuah organisasi untuk menaikkan atau menurunkan harga hanya berdasarkan hasil perhitungan biaya.

6. Gagal memantau perubahan dalam struktur atau perilaku biaya

Penting untuk terus mengevaluasi kembali bagaimana perhitungan biaya dilakukan dan bagaimana penerapannya pada praktik bisnis saat ini. Kejadian seperti perubahan dalam bauran produk, peningkatan efisiensi dalam operasi, perubahan kapasitas, dan faktor lainnya dapat memengaruhi perhitungan biaya. Di sinilah model nilai tambah pendapatan merupakan lensa yang berdampak untuk mengevaluasi bisnis Anda.

Sistem akuntansi biaya yang dirancang dengan baik dapat digunakan oleh para pengambil keputusan untuk mendorong profitabilitas.

Profitabilitas dan penetapan biaya berjalan beriringan

kesalahpahaman tentang penetapan biaya dapat menyebabkan kesalahan penetapan biaya dan keputusan bisnis yang buruk. Dalam skenario terburuk, perusahaan manufaktur menghilangkan produk yang sedikit menguntungkan atau bahkan tidak menguntungkan, dan mengalokasikan kembali biaya tetap yang ditanggung oleh produk tersebut ke produk yang tersisa.

Hal ini dapat menimbulkan persepsi bahwa sesuatu harus dilakukan untuk meningkatkan profitabilitas produk yang tersisa. Pada akhirnya, bisnis akan menaikkan harga dan kehilangan bisnis karena tidak kompetitif di pasar mereka.

Bagaimana kami dapat membantu
Konsultan akuntansi biaya CLA telah membantu ribuan klien menerapkan sistem akuntansi biaya yang solid, termasuk otomatisasi dan alat Power BI untuk melakukan analisis profitabilitas pada inventaris saat ini dan pesanan yang masuk. Baik Anda adalah produsen yang sudah mapan maupun bisnis yang baru berkembang, kami dapat memberikan bantuan yang Anda butuhkan untuk membantu memperkuat hasil keuangan dan meningkatkan produktivitas.

Disadur dari: claconnect.com