Peran IoT dan Cloud Computing Bangun Industri

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

24 Maret 2022, 10.27

Foto: Istimewa

IoT (internet of things) dan cloud computing merupakan dua teknologi yang sangat berbeda. Keduanya sudah menjadi bagian dari kemajuan dunia industri.

Prodi Teknologi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali melangsungkan webinar demi memfasilitasi mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang IoT dan cloud computing.

Dengan mengusung tajuk ‘Peran IoT & Cloud Computing di Era Industri’, webinar ini mendatangkan pemateri Kepala Lab Riset Komputer dan Jaringan, Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, UGM, Dr Mardhani Riasetiawan, digelar secara daring lewat Zoom, pada Kamis (1/7).

Menurut Hendra Supendar, kaprodi Teknologi Informasi Universitas BSI, tujuan webinar ini agar mahasiswa memahami lebih cepat mengenai IoT dan cloud computing. Di mana peran IoT dan cloud saat ini sangat dibutuhkan di berbagai dunia industri.

“Mahasiswa diharapkan dapat menyimak materi kali ini serta berperan aktif. Sehingga dapat memanfaatkan ilmu saat ini agar berguna di masa yang akan datang,” tuturnya Rabu  (14/7) .

Sementara itu, pemateri Dr Mardhani memberikan penggambaran korelasi antara peran IoT, big data dan cloud computing. Ia juga memberikan contoh penggunaan IoT lamp yang digunakan dalam suatu ruangan lab.

“IoT merupakan sesuatu yang menghubungkan perangkat. Perangkat IoT adalah sebuah jaringan raksasa agar semua orang dapat terhubung satu sama lain dan berbagi data,” katanya.

Ia mengatakan, Saat ini IoT telah digunakan dalam berbagai bidang. Dimulai dari bidang kesehatan, edukasi, transportasi, dan lainnya.

“Sedangkan untuk cloud computing merupakan model gabungan pemanfaatan teknologi komputer, misalnya jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan, yang dikembangkan berbasis internet,” ujarnya.

Dr Mardhani juga menjelaskan, teknologi ini memungkinkan untuk dapat menggunakan daya secara bersamaan, realtime, mudah digunakan dan dapat diakses di mana saja.

“Tentunya hal ini dilakukan untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama,” tandasnya.

Ia mengatakan, peranan cloud computing sangat erat jika disinggungkan dengan IoT di mana keduanya dapat saling terhubung. Untuk bisa saling berkomunikasi menggunakan internet ke perangkat yang sudah dihubungkan dengan IoT.

Sumber Artikel: republika.co.id