Peran dan Tanggung Jawab Perencana Kota dalam Pengembangan Kota yang Berkelanjutan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 15.15

Sumber: earnmydegree.com

Perencana kota (juga dikenal sebagai perencana kota) adalah seorang profesional yang berpraktik di bidang perencanaan kota, perencanaan kota, atau tata kota.

Seorang perencana kota dapat berfokus pada bidang praktik tertentu dan memiliki gelar seperti perencana kota, perencana kota, perencana regional, perencana jangka panjang, perencana transportasi, perencana infrastruktur, perencana lingkungan, perencana taman, perencana fisik, perencana kesehatan, analis perencanaan, perancang kota, direktur pengembangan masyarakat, spesialis pengembangan ekonomi, atau kombinasi serupa lainnya. Royal Town Planning Institute adalah badan profesional perencana kota dan perkotaan tertua yang didirikan pada tahun 1914 dan University of Liverpool mendirikan sekolah perencanaan khusus pertama di dunia pada tahun 1909.

Perencanaan Kota sebagai sebuah profesi adalah disiplin ilmu yang relatif muda. Perencanaan Kota adalah bidang interdisipliner yang terkait erat dengan teknik sipil. Hanya sedikit lembaga pemerintah yang membatasi atau memberikan lisensi untuk profesi ini. Akibatnya, sejumlah disiplin ilmu lain yang terkait secara aktif mengklaim memiliki pelatihan, keahlian, dan ruang lingkup profesional untuk mempraktikkan perencanaan kota. Sementara organisasi seperti American Planning Association, Canadian Institute of Planners dan Royal Town Planning Institute mensertifikasi perencana profesional, organisasi lain di bidang terkait seperti Arsitektur Lansekap juga mengklaim memiliki otonomi profesional dalam perencanaan kota. Upaya-upaya secara internasional telah dilakukan untuk mendefinisikan peran perencana kota melalui undang-undang perizinan. Negara bagian New Jersey di Amerika Serikat dan provinsi Nova Scotia di Kanada memberikan lisensi kepada Perencana Profesional. Semua provinsi dan teritori di Kanada kecuali Newfoundland dan Labrador dan Quebec membatasi penggunaan istilah 'Perencana Profesional Terdaftar' untuk perencana kota berlisensi. Di Quebec, perencana kota harus memiliki lisensi dari l'Orde des Urbaniste du Quebec.

Perencana kota di Kanada biasanya memiliki gelar sarjana dalam bidang perencanaan atau gelar master, biasanya terakreditasi sebagai M.Pl. (Master of Planning), MUP (Master of Urban Planning), MCP (Master of City Planning), MSc.Pl. (Magister Sains Perencanaan), M.Pl. (Magister Perencanaan Wilayah dan Kota), MES (Magister Studi Lingkungan) atau hanya MA (Master of Arts).

Sertifikasi profesional ditawarkan oleh Institut Perencana Kanada dan afiliasi provinsi dan teritorialnya. Institut ini mengakreditasi program pendidikan perencanaan, dan menetapkan standar untuk masuk ke dalam profesi ini. Setiap badan provinsi atau teritorial bertanggung jawab untuk memberikan lisensi dan mengatur anggota di dalam wilayahnya. Afiliasi provinsi dan teritorial dapat mengizinkan anggota yang bersertifikat untuk menggunakan gelar Perencana Profesional Terdaftar (RPP).

Disadur dari Artikel : en.wikipedia.org