Peran Arsitek dalam Masyarakat

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 April 2024, 07.48

Seorang Arsitek, 1893 - Wikipedia

Pengaruh seorang arsitek yang menarik dan kreatif dalam dunia desain tidak hanya menciptakan bangunan fisik, tetapi juga menanamkan jiwa dan karakter dalam setiap konsepnya. Mereka adalah seniman dan insinyur sekaligus, menggabungkan keahlian teknis dengan daya imajinasi yang luar biasa.

Secara definisi, seorang arsitek adalah individu yang merencanakan, mendesain, dan mengawasi pembangunan bangunan. Praktik arsitektur melibatkan pemberian layanan terkait desain bangunan dan ruang di sekitar bangunan yang digunakan oleh manusia atau memiliki tujuan utama sebagai tempat tinggal. Secara etimologis, kata arsitek berasal dari bahasa Latin "architectus", yang berasal dari bahasa Yunani (arkhi-, kepala + tekton, pembangun), artinya kepala pembangun.

Persyaratan profesional untuk arsitek bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Keputusan seorang arsitek memiliki dampak pada keselamatan publik, sehingga arsitek harus menjalani pelatihan khusus yang mencakup pendidikan tingkat lanjut dan praktikum (atau magang) untuk pengalaman praktis demi memperoleh lisensi praktik arsitektur. Persyaratan praktis, teknis, dan akademis untuk menjadi arsitek berbeda-beda di berbagai yurisdiksi, meskipun studi formal arsitektur di institusi akademis memegang peran sentral dalam perkembangan profesi ini.

Sepanjang sejarah kuno dan abad pertengahan, sebagian besar desain arsitektur dan konstruksi dilakukan oleh pengrajin, seperti tukang batu dan tukang kayu, yang kemudian naik peran menjadi master builder. Hingga zaman modern, tidak ada perbedaan yang jelas antara arsitek dan insinyur. Di Eropa, gelar arsitek dan insinyur pada dasarnya adalah variasi geografis yang merujuk pada orang yang sama, sering digunakan secara bergantian.

Pengaruh seorang arsitek yang menarik dan kreatif dalam dunia desain tidak hanya menciptakan bangunan fisik, tetapi juga menanamkan jiwa dan karakter dalam setiap konsepnya. Mereka adalah seniman dan insinyur sekaligus, menggabungkan keahlian teknis dengan daya imajinasi yang luar biasa.

Dalam profesi arsitektur, pengetahuan teknis dan lingkungan, desain, serta manajemen konstruksi memerlukan pemahaman bisnis selain desain. Namun, desain merupakan kekuatan pendorong sepanjang proyek dan setelahnya. Seorang arsitek menerima tugas dari seorang klien, dimana tugas tersebut mungkin melibatkan penyusunan laporan kelayakan, audit bangunan, merancang satu atau beberapa bangunan, struktur, dan ruang. Arsitek berpartisipasi dalam mengembangkan kebutuhan yang diinginkan klien dalam bangunan tersebut. Sepanjang proyek (dari perencanaan hingga pemakaian), arsitek mengkoordinasikan tim desain. Insinyur struktural, mekanikal, dan listrik dipekerjakan oleh klien atau arsitek, yang harus memastikan bahwa pekerjaan tersebut dikoordinasikan untuk membangun desain.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Architect