Penyelesaian Real Estat Besar-Besaran Menjanjikan untuk Mengguncang Pasar Perumahan - Tetapi Apakah itu Akan Mempengaruhi Washington?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

18 April 2024, 07.42

Sumber: Pinterest

BELLINGHAM - Awal bulan ini, National Association of Realtors setuju untuk menyelesaikan gugatan class action yang berdampak pada pasar real estat di seluruh negeri.

Organisasi yang mewakili lebih dari 1 juta agen real estat di seluruh negeri ini mengatakan bahwa mereka tidak akan lagi mewajibkan penjual untuk mencantumkan komisi untuk broker pembeli, yang secara efektif menghilangkan standar komisi 6 persen.

Karena penjual harus mencantumkan komisi yang akan mereka bayarkan kepada agen pembeli, mereka secara efektif dipaksa untuk mempertahankannya di kisaran standar 3 persen, sehingga agen pembeli tidak dapat mengalihkan klien mereka. Jika ditambah dengan komisi 3 persen untuk broker penjual, maka komisi tersebut menjadi sekitar 6 persen dari harga rumah. Komisi ini harus dibayar oleh penjual, namun biasanya dimasukkan ke dalam harga total, dan dibebankan kepada pembeli.

Untuk sebuah rumah yang dijual dengan harga rata-rata di Washington, itu berarti sekitar $39.000 dalam bentuk komisi. sekarang, dengan asumsi penyelesaian diadopsi oleh pengadilan, pembeli akan dapat bernegosiasi dengan broker mereka dengan lebih mudah.

Di masa lalu, cara kerja biaya broker adalah biaya tersebut dimasukkan ke dalam biaya yang dibebankan oleh broker penjual kepada penjual rumah. Biaya standarnya adalah 3 persen dari broker penjual dan 3 persen dari broker pembeli," kata Stephen Bourassa, ketua departemen real estat Universitas Washington, dalam sebuah wawancara telepon. "Sekarang, mereka telah memutuskan keduanya."

Tarif komisi kemungkinan akan turun sebagai akibatnya. Di Inggris, Belanda, Singapura, Swedia, dan Norwegia, suku bunga biasanya di bawah 2 persen, menurut studi Brookings 2019. Richmond Federal Reserve memperkirakan bahwa beralih dari model komisi untuk pialang pembeli akan menghemat $30 miliar per tahun bagi pembeli rumah di AS.

Kebijakan Washington
Menurut Paul Balzotti, seorang Makelar yang memiliki cabang John L. Scott Real Estate di Bellingham, penyelesaian ini tidak akan terlalu berpengaruh di Washington.
Selain undang-undang keagenan, Northwest Multiple Listing Site, basis data daftar properti utama di kawasan ini, menghapus persyaratan untuk mencantumkan komisi broker pembeli pada tahun 2019.

"Mulai tahun 2019, dan berlanjut pada tahun 2022, NWMLS membuat perubahan pada aturan, bentuk, dan prosesnya yang menangani masalah yang diangkat oleh litigasi nasional dan diuraikan dalam perjanjian penyelesaian yang diusulkan," kata CEO NWMLS Justin Haag dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email ke Bellingham Herald. balzotti mengatakan perubahan NWMLS berarti penyelesaian tersebut tidak akan terlalu berpengaruh pada Washington.

"Northwest MLS adalah salah satu dari sedikit di negara ini yang telah memiliki praktik ini di mana Anda dapat memiliki komisi serendah nol persen untuk pialang pembeli dan mendaftar di MLS," kata Balzotti.

Balzotti mengatakan satu-satunya perubahan besar dari penyelesaian yang belum dibahas di Washington adalah bagaimana komisi akan dipublikasikan.

Dampak pada harga rumah
Meskipun secara teknis penyelesaian secara teknis tidak banyak berubah di Washington, kemungkinan besar masih akan berdampak pada harga. Meskipun biaya broker pembeli sudah dapat dinegosiasikan di Washington, Bender mengatakan bahwa mereka sering kali tidak mengikuti tarif yang berlaku. Penyelesaian ini akan mempengaruhi harga di Washington hanya dengan mengubah kebiasaan nasional.

"Fakta bahwa itu sudah dapat didaftarkan sesuai dengan penyelesaian tidak berarti bahwa itu adalah kebiasaan - bahwa daftar biasanya didaftarkan dengan sesuatu yang kurang dari 3 persen atau tanpa komisi yang ditentukan sama sekali," kata Bender. "Kebiasaan adalah kebiasaan, dan itu akan berubah."

Bender mengatakan bahwa harga juga bisa turun karena penyelesaian ini memaksa pembicaraan tentang seberapa besar nilai yang diberikan pialang kepada klien mereka.

Yang dapat menurunkan harga hanyalah semua penekanan baru pada komisi broker - apa yang sebenarnya dilakukan oleh broker dan untuk siapa, dan nilai apa yang mereka berikan dan apa kompensasi yang adil untuk itu," kata Bender.

Pengarahan Pagi
Balzotti mengatakan bahwa ia berharap percakapan nasional, yang didorong oleh perhatian pers terhadap penyelesaian ini, akan menyebabkan Realtors yang kurang berpengalaman atau kurang terampil untuk menurunkan tingkat komisi atau bahkan meninggalkan bidang ini.

"Tidak diragukan lagi, transparansi yang lebih besar itu baik," kata Balzotti, "Dan sejujurnya, para broker yang tidak merasa nyaman dengan lingkungan yang baru ini dapat dan akan meninggalkan profesi ini. Dan itu akan membuat industri yang lebih baik bagi para profesional sejati dan konsumen dalam jangka panjang."

Disadur dari: columbian.com