Pentingnya Product Placement di Pemasaran

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

24 Februari 2024, 19.57

Pemasaran Rolls-Royce Silver Shadow - Wikipedia

Product placement, yang juga dikenal sebagai pemasaran tersemat, telah menjadi salah satu teknik pemasaran yang semakin populer dalam dunia hiburan, khususnya dalam industri film dan televisi. Ini melibatkan penyisipan referensi ke merek atau produk tertentu ke dalam karya seni, seperti film atau program televisi, dengan tujuan mempromosikan produk secara spesifik. Praktik ini seringkali melibatkan peminjaman produk, terutama ketika produk tersebut memiliki nilai tinggi, seperti mobil atau barang mewah lainnya. Menariknya, pada tahun 2021, nilai kesepakatan antara pemilik merek dan industri film serta program televisi mencapai lebih dari US$20 miliar, menunjukkan betapa pentingnya product placement dalam strategi pemasaran.

Meskipun kadang-kadang referensi terhadap merek dapat dimasukkan ke dalam karya seni untuk menjaga realisme atau sebagai subjek pembicaraan, product placement secara khusus merupakan integrasi yang disengaja dari referensi merek atau produk dengan imbalan kompensasi. Bentuk-bentuk product placement dapat bervariasi mulai dari penampilan yang tidak mencolok di latar belakang suatu adegan hingga integrasi yang menonjol di dalam alur cerita. Produk yang seringkali digunakan dalam product placement mencakup otomotif dan barang elektronik konsumen. Perusahaan yang terintegrasi secara vertikal, seperti Sony, seringkali menggunakan product placement sebagai strategi sinergi korporat untuk mempromosikan divisi lainnya.

Pada abad ke-21, penggunaan product placement di televisi mengalami perkembangan pesat. Ini sebagian besar bertujuan untuk mengatasi peningkatan penggunaan perekam video digital yang memungkinkan pemirsa melewati iklan komersial tradisional. Selain itu, product placement menjadi sarana untuk berinteraksi dengan demografi yang lebih muda yang cenderung lebih sulit dijangkau melalui iklan tradisional. Dengan kemajuan teknologi pengeditan digital, praktik ini dapat disesuaikan dengan demografi atau pasar tertentu. Bahkan, dalam beberapa kasus, product placement dapat ditambahkan ke karya yang sebelumnya tidak memiliki iklan tersemat atau memperbarui penempatan yang sudah ada.

Pentingnya trade show, juga dikenal sebagai pameran dagang, dalam industri yang menggunakan product placement tidak bisa diabaikan. Trade show menyediakan platform bagi perusahaan untuk memamerkan dan mendemonstrasikan produk dan layanan terbaru mereka, bertemu dengan mitra industri dan pelanggan, serta mempelajari kegiatan pesaing dan melihat tren dan peluang pasar terbaru. Partisipasi aktif dalam trade show dapat memberikan peluang jaringan yang berharga, pengalaman belajar, dan peluang untuk ekspansi bisnis.

Dalam suatu trade show, terdapat lantai pameran sentral dengan berbagai booth di mana perusahaan dapat memamerkan produk atau layanan mereka. Selama hari-hari pameran, seminar-seminar diadakan untuk pendidikan berkelanjutan tentang masalah-masalah yang relevan dengan industri, seperti praktik terbaik, tren, dan regulasi terkini. Terdapat juga acara-acara sosial dan makan malam dengan pembicara-pembicara kunci untuk memfasilitasi interaksi dan pertukaran ide di antara para peserta. Meskipun terdapat biaya yang signifikan terkait dengan partisipasi dalam trade show, termasuk biaya sewa ruang, desain booth, perjalanan, akomodasi, dan materi promosi, perusahaan seringkali melihatnya sebagai investasi yang berharga untuk memperluas jangkauan dan menghadirkan produk mereka kepada audiens yang relevan.

Seiring dengan perkembangan industri Asia yang pesat, trade show dan pameran sekarang menjadi hal umum di seluruh benua Asia, dengan China mendominasi industri pameran di kawasan tersebut. China sendiri menyumbang lebih dari 55 persen dari semua ruang pameran yang terjual di Asia pada tahun 2011. Partisipasi dalam trade show bukan hanya tentang memamerkan produk, tetapi juga tentang membangun koneksi, mendapatkan wawasan pasar, dan memahami tren terbaru. Dalam era globalisasi ini, trade show menjadi platform penting untuk membuka pintu bagi pertumbuhan ekonomi lokal, mendukung bisnis-bisnis lokal, dan menarik investasi baru ke wilayah tersebut.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Product_placement