Pengertian Risk Owner

Dipublikasikan oleh Admin

27 Maret 2022, 08.17

Ilustrasi: unsplash.com

Kemudian ada istilah risk owner, siapa yang namanya risk owner. Risk owner itu adalah orang yang diberi amanah, yang diberi tanggung jawab untuk menuntaskan suatu paket kerja, sekecil apapun di beberapa paket itu, ketika dia dikasih amanah, entah itu oleh pihak klien atau diberikan oleh atasan langsung. Maka ketika paket itu menjadi tugas dan tanggung jawab dia, dia adalah risk owner untuk paket tersebut artinya dia harus bisa memanage risiko di dalam paket yang sudah diamanahkan kepada dia.

Disini ada kaitan yang sangat erat antara target yang harus dicapai oleh si risk owner itu dengan key performance indikator yang dicek, supaya bisa diurai apakah risk owner ini berhasil atau tidak, dengan risiko yang harus dia kelola di dalam paket tersebut. Jadi intinya adalah kalau seseorang itu ingin KPI-nya bagus karena tugasnya itu memang sukses maka dia harus menguasai yang namanya risk management.

Ini adalah gambar tentang bagaimana risiko itu punya hubungan sebab akibat, gimana kalau ada sebuah event, terjadi masalah. Maka masalah itu biasanya memberikan dampak, kita berikan gambaran untuk dampak negatif. Dan pasti masalah itu ada pemicunya penyebab masalah. Yang harus dilakukan ketika kita memanage risiko sebelum jadi masalahnya itu adalah....

Selanjutnya ikuti kursus Project Risk Management:  https://diklatkerja.com/course/project-risk-management/