Pengembangan Komunitas: Meningkatkan Keberdayaan dan Kesejahteraan Lokal

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

18 Maret 2024, 10.37

Sumber: id.wikipedia.org

Perserikatan Bangsa-Bangsa mendefinisikan pengembangan komunitas sebagai "proses di mana anggota komunitas berkumpul untuk mengambil tindakan kolektif dan menciptakan solusi untuk masalah-masalah umum." Ini adalah konsep yang luas, diterapkan pada praktik para pemimpin sipil, aktivis, warga yang terlibat, dan profesional untuk meningkatkan berbagai aspek komunitas, biasanya bertujuan untuk membangun komunitas lokal yang lebih kuat dan tangguh.

Pengembangan komunitas juga dipahami sebagai disiplin profesional, dan didefinisikan oleh Asosiasi Internasional untuk Pengembangan Komunitas sebagai "profesi berbasis praktik dan disiplin akademik yang mempromosikan demokrasi partisipatif, pembangunan berkelanjutan, hak, peluang ekonomi, kesetaraan, dan keadilan sosial, melalui organisasi, pendidikan, dan pemberdayaan orang-orang di dalam komunitas mereka, baik itu komunitas lokal, identitas, atau minat, di lingkungan perkotaan dan pedesaan".

Pengembangan komunitas berusaha memberdayakan individu dan kelompok orang dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk membuat perubahan dalam komunitas mereka. Keterampilan ini sering diciptakan melalui pembentukan kelompok sosial yang bekerja untuk agenda bersama. Pengembang komunitas harus memahami baik cara bekerja dengan individu maupun cara memengaruhi posisi komunitas dalam konteks lembaga sosial yang lebih besar.

Pendekatan pengembangan komunitas diakui secara internasional. Metode dan pendekatan ini telah diakui sebagai penting untuk pembangunan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan politik lokal oleh organisasi seperti PBB, WHO, OECD, Bank Dunia, Dewan Eropa, dan UE. Ada sejumlah lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan pengembangan komunitas sebagai area studi dan penelitian seperti Universitas Toronto, Universitas Leiden, Universitas SOAS London, dan Sekolah Urusan Internasional Balsillie, di antara lain.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org