Pengantar Pengoptimalan

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

14 Mei 2024, 11.10

sumber: pinterest.com

Insinyur adalah profesi yang menerapkan prinsip-prinsip alam untuk membuat benda-benda yang berguna. Seorang insinyur mesin merancang mesin baru, atau suspensi mobil atau robot. Seorang insinyur sipil mendesain jembatan atau bangunan. Seorang insinyur kimia merancang menara penyulingan atau proses kimia. Seorang insinyur listrik merancang komputer atau sirkuit terpadu.

Karena berbagai alasan, tidak terkecuali karena pasar yang kompetitif, seorang insinyur mungkin tidak hanya tertarik pada desain yang bekerja pada tingkat nominal tertentu, tetapi juga desain terbaik dalam beberapa hal. Proses menentukan desain terbaik disebut optimasi. Dengan demikian, kita mungkin ingin mendesain penukar panas terkecil yang mencapai perpindahan panas yang diinginkan, atau kita mungkin ingin mendesain jembatan dengan biaya terendah untuk lokasi tersebut, atau kita mungkin ingin memaksimalkan beban yang dapat diangkat oleh robot.

Sering kali optimasi teknik dilakukan secara implisit. Dengan menggunakan kombinasi penilaian, pengalaman, pemodelan, pendapat orang lain, dll., insinyur membuat keputusan desain yang, dia berharap, mengarah pada desain yang optimal. Beberapa insinyur sangat ahli dalam hal ini. Namun, jika ada banyak variabel yang harus disesuaikan dengan beberapa tujuan dan/atau kendala yang saling bertentangan, jenis optimasi berbasis pengalaman ini dapat gagal dalam mengidentifikasi desain yang optimal.

Interaksi yang terjadi terlalu rumit dan variabelnya terlalu banyak untuk menentukan desain yang optimal secara intuitif.

Dalam tulisan ini kami membahas pendekatan berbasis komputer untuk optimasi desain. Dengan pendekatan ini, kita menggunakan komputer untuk mencari desain terbaik menurut kriteria yang kita tentukan. Kekuatan pemrosesan komputer yang luar biasa memungkinkan kita untuk mengevaluasi lebih banyak kombinasi desain daripada yang dapat kita lakukan secara manual. Lebih jauh lagi, kami menggunakan algoritme canggih yang memungkinkan komputer untuk mencari yang optimal secara efisien.

Sering kali kami memulai algoritme dari desain terbaik yang kami miliki berdasarkan pengalaman dan intuisi. Kami kemudian dapat melihat apakah ada perbaikan yang dapat dilakukan.

Disadur dari: apmonitor.com