Penasaran? Inilah 5 Universitas Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

03 Agustus 2022, 19.23

berita.baca.co.id

JAKARTA - Jurusan teknik adalah salah satu jurusan yang terkenal dalam rumpun ilmu saintek. Terdapat beragam jurusan teknik yang ada dalam fakultas teknik, di antaranya teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik pertambangan.

 

Beberapa kampus dianggap memiliki jurusan teknik terbaik. Inilah kampus dengan jurusan teknik terbaik di Indonesia menurut versi QS World University Ranking 2022.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM mempunyai cukup banyak jurusan teknik, diantaranya teknik biomedis, teknik elektro, teknik geodesi, teknik mesin, teknik kimia, dan teknik nuklir. Jurusan-jurusan tersebut terakreditasi A dan ada juga beberapa jurusan yang telah terakreditasi IABBE. Akreditasi IABEE atau Indonesian Accreditation Board for Engineering Education telah memperoleh pengakuan dari Washington Accord. Menurut QS World University Rangkings 2022, UGM menduduki rangking ke-254 sebagai universitas terbaik dunia.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Di Universitas Indonesia ada beberapa jurusan teknik, yakni teknik elektro, ilmu teknik, teknik industri, teknik kimia, teknik mesin, teknik pertambangan, teknik lingkungan, teknik sipil, teknik biomedis, teknik perkapalan, dan teknik metalurgi. Kampus yang lokasinya di Kota Depok ini menempati rangking ke-290 dari seluruh universitas di dunia versi QS World University Rangkings 2022. Semua jurusan teknik UI tersebut telah memperoleh akreditasi A oleh BAN-PT.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung berdiri pada 2 Maret 1959 yang lokasinya di Bandung, Jawa Barat. Kampus ini menyediakan jurusan teknik yang sangat lengkap, di antaranya teknik pangan, teknik mesin, teknik industri, teknik bionergi dan kemurgi, teknik dirgantara, serta teknik material. Akreditasi A telah diraih oleh sebagian besar jurusan, tetapi terdapat beberapa jurusan yang akreditasinya B. ITB menempati rangking ke-303 sebagai kampus terbaik di dunia versi QS World university Rangkings 2022.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS)

Kampus yang lokasinya di Surabaya, Jawa Timur ini mempunyai jurusan teknik yang lengkap, mulai dari jenjang Diploma 3 hingga S3. Jurusan teknik yang ada di ITS antara lain, teknik kimia, teknologi rekayasa otomasi, teknik fisika, teknik sistem perkapalan, teknik kelautan, dan teknik geofisika. Beberapa jurusan mendapatkan akreditasi B, A, dan terdapat juga yang mendapatkan akreditasi IABEE. Menurut QS World University 2022, ITS menempati rangking ke-751 sampai 801 sebagai universitas terbaik di dunia.

  1. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran mempunyai beberapa jurusan teknik. Jurusan tersebut di antaranya teknik pertanian, teknik geologi, dan teknik informatika. Jurusan-jurusan itu kebanyakan mendapatkan akreditasi A, tetapi terdapat juga yang memperoleh akreditasi B. Menurut versi QS World University Rankings, Unpad berada pada rangking ke-801 sampai 1000 sebagai universitas terbaik di dunia.

 


Disadur dari sumber edukasi.okezone.com

Artikel lainnya