Pemukiman Manusia: Sejarah, Kompleksitas, dan Proses Migrasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 10.12

Sumber: id.wikipedia.org

Dalam geografi, statistika, dan arkeologi, pemukiman, tempat, atau tempat berpenghuni adalah suatu komunitas masyarakat yang mendiami suatu tempat tertentu. Kompleksitas suatu pemukiman dapat bervariasi dari sejumlah kecil bangunan yang dikelompokkan hingga kota terbesar dengan kawasan perkotaan di sekitarnya. Daerah pemukiman dapat mencakup desa, kota kecil, kota besar dan kecil. Suatu pemukiman mungkin telah mengetahui ciri-ciri sejarahnya, seperti tanggal atau era pertama kali pemukiman tersebut atau pemukiman pertama suatu kelompok tertentu. Proses pemukiman melibatkan migrasi orang.

Dalam bidang pemodelan prediktif geospasial, pemukiman adalah "kota, kota kecil, desa, atau kumpulan bangunan lain tempat orang tinggal dan bekerja."

Permukiman mencakup fasilitas yang dibangun secara tradisional seperti jalan, pagar, sistem lapangan, pantai dan parit, kolam, taman dan hutan, kincir angin dan kincir air, rumah besar, parit dan gereja.

Bukti geografis paling awal mengenai tempat tinggal manusia terdapat di Jebel Irhoud, tempat delapan individu manusia modern awal berasal dari periode Paleolitik Tengah.

Sisa-sisa hunian tertua yang ditemukan adalah sisa-sisa gubuk yang terbuat dari lumpur dan ranting di lokasi Ohalo (sekarang berada di bawah air) dekat pantai Laut Galilea, sekitar SM. Bangsa Natufia membangun rumah, juga di Levant, sekitar SM. Sisa-sisa pemukiman mirip desa menjadi lebih umum setelah penemuan pertanian.

Disadur : id.wikipedia.org