Pemeliharaan Korektif

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.19

Inflight maintenance checklist procedure before starting waste collection system repair on board the Atlantis shuttle. (Wikipedia)

Pemeliharaan korektif adalah tugas pemeliharaan yang dilakukan untuk mengidentifikasi, mengisolasi, dan memperbaiki kesalahan sehingga peralatan, mesin, atau sistem yang gagal dapat dikembalikan ke kondisi operasional dalam toleransi atau batas yang ditetapkan untuk operasi dalam layanan.

Definisi

Standar resmi Prancis mendefinisikan "pemeliharaan korektif" sebagai perawatan yang dilakukan setelah deteksi kegagalan dan ditujukan untuk memulihkan aset ke kondisi di mana aset tersebut dapat melakukan fungsi yang dimaksudkan (standar NF EN 13306 X 60-319, Juni 2010).

Pemeliharaan korektif dapat dibagi lagi menjadi "pemeliharaan korektif segera" (di mana pekerjaan dimulai segera setelah kegagalan) dan "pemeliharaan korektif yang ditangguhkan" (di mana pekerjaan ditunda sesuai dengan seperangkat aturan pemeliharaan yang diberikan).

Standar

Standar teknis mengenai pemeliharaan korektif ditetapkan oleh IEC 60050 bab 191 °Ketergantungan dan kualitas layanan".

NF EN 13306 X 60-319 adalah subset dari IEC 60050-191.

Pilihan

Keputusan untuk memilih pemeliharaan korektif sebagai metode pemeliharaan adalah keputusan yang tergantung pada beberapa faktor seperti biaya downtime, karakteristik keandalan dan redundansi aset.

Metode

Langkah-langkah pemeliharaan korektif adalah, mengikuti kegagalan, diagnosis – penghapusan suku cadang, penyebab kegagalan – pemesanan penggantian – penggantian suku cadang – pengujian fungsi dan terakhir kelanjutan penggunaan.

Bentuk dasar dari pemeliharaan korektif adalah prosedur langkah demi langkah. Kegagalan objek memicu langkah-langkah. Teknologi modern seperti penggunaan fitur Industri 4.0 mengurangi kelemahan yang melekat pada pemeliharaan korektif. Oleh misalnya menyediakan riwayat perangkat, pola kesalahan, saran perbaikan, atau ketersediaan suku cadang.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org