Pemahaman tentang Jurusan Teknik Pertambangan dan Prospek Karirnya yang Cerah

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

26 Februari 2024, 11.13

Sumber: https://pict.sindonews.net/dyn/732/pena/news/2021/11/30/211/614063/mengenal-jurusan-teknik-pertambangan-dan-peluang-kerjanya-yang-menjanjikan-wum.jpeg

Teknik Pertambangan merupakan salah satu bidang studi yang fokus pada proses eksplorasi dan eksploitasi mineral dan batubara. Program ini mempersiapkan mahasiswa dalam berbagai proses pertambangan, mulai dari penyelidikan umum hingga pemasaran hasil tambang. Indonesia, yang kaya akan sumber daya alam, khususnya logam mulia dan batu bara, membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan untuk mengelola dan mengolah bahan tambang tersebut secara efisien.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan banyak mempelajari ilmu geologi, geofisika, pengolahan mineral dan metalurgi, serta berbagai macam disiplin ilmu lain yang berkaitan dengan tambang. Dilihat dari mata kuliahnya, kalian akan banyak bersinggungan dengan Matematika dan Fisika.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan antara lain:

  • Geologi Dasar
  • Matematika Teknik
  • Fisika Teknik
  • Kristalografi dan Mineralogi
  • Komputasi Tambang
  • Teknik Eksplorasi
  • Mekanika Teknik
  • Ekonomi Mineral
  • Metalurgi Umum
  • Teknik Reservoir

Prospek Lulusan Teknik Pertambangan

Belajar di bidang Teknik Pertambangan dapat menjadi batu loncatan untuk memahami industri pertambangan secara komprehensif dan berkarir di dalamnya. Lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang untuk berkarir di berbagai sektor, termasuk tembaga, batu bara, emas, timah, besi, nikel, dan banyak lagi. Selain itu, mereka juga dapat menjajaki karir di industri terkait seperti alat berat, semen, dan pembangkit listrik. Peluang juga tersedia di badan-badan pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai inspektur, analis eksplorasi dan eksploitasi, analis pengembangan infrastruktur, dan analis kelistrikan. Selain itu, lulusan Teknik Pertambangan dapat berkarir di bidang penelitian dan akademis. Beberapa universitas di Indonesia menawarkan program Teknik Pertambangan, termasuk institusi bergengsi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia.

Skill yang dibutuhkan

Dibutuhkan beberapa keterampilan penting sebelum memasuki jurusan Teknik Pertambangan, termasuk kemampuan observasi, ketekunan, ketelitian, problem-solving, teamwork, berpikir kritis, analisis, dan pengambilan keputusan yang tepat. Calon mahasiswa dapat mulai mengembangkan keterampilan-keterampilan ini sebelum masuk kuliah dan terus mengasahnya selama perkuliahan, karena keterampilan tersebut juga diperlukan di dunia kerja setelah lulus.


Disadur dari: https://edukasi.sindonews.com/read/614063/211/mengenal-jurusan-teknik-pertambangan-dan-peluang-kerjanya-yang-menjanjikan-1638245506?showpage=all