PEM Akamigas: Evolusi dan Dedikasi dalam Membentuk Profesional Energi dan Mineral

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

15 Maret 2024, 16.39

Sumber: id.wikipedia.org

Sejarah dan Transformasi PEM Akamigas

Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Dengan sistem asrama yang nyaman, kampus ini berlokasi bersebelahan dengan PPSDM Migas dan Terminal BBM Semarang Group, menyediakan fasilitas memadai bagi mahasiswa.

Pendidikan Profesional di Bidang Energi

PEM Akamigas menawarkan pendidikan pada jalur profesional Program Diploma I, II, III, dan IV yang fokus pada keahlian di bidang minyak dan gas bumi, panas bumi, petrokimia, dan program spesialis Energi Baru Energi Terbarukan. Angkatan pertama pendidikan di PEM Akamigas dimulai pada tanggal 7 Februari 1967 sebagai Akademi Minyak dan Gas Bumi.

Transformasi dan Perubahan Nama

Melalui berbagai perubahan kebijakan, Akademi Minyak dan Gas Bumi (AMGB) berkembang menjadi Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS) pada tahun 1967. Kemudian, pada tahun 2002, AKAMIGAS menjadi Sekolah Tinggi Mineral dan Energi (STEM), yang pada tahun yang sama berubah nama menjadi STEM Akamigas. Pada tahun 2014, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2014, STEM Akamigas secara resmi menjadi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas).

Komitmen Terhadap Pendidikan Vokasi

PEM Akamigas terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan vokasi program Diploma dan Sarjana Terapan di bidang energi dan sumber daya mineral. Dukungan hukum dari pemerintah seperti Peraturan Kementerian ESDM Nomor 55 Tahun 2017 dan Peraturan Kementerian ESDM Nomor 01 Tahun 2018 menjadi landasan pengelolaannya. baik dan baik.

Pengakuan Alumni: Ilugas

Kelompok Alumni PEM Akamigas yang dikenal dengan nama Ilugas (Ikatan Alumni Akamigas) dan mewakili persatuan dan keberhasilan para lulusan menghadapi dunia kerja di sektor energi dan mineral.\ n
PEM Akamigas selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik. Memberikan pelatihan profesional, menjadi lembaga pendidikan unggulan di bidang energi dan mendukung personel yang berkualitas dalam pengembangan sumber daya di sektor tersebut.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org