Peluang Karier dalam Bidang Teknik Fisika: Dari Wirausaha hingga Terjun ke Dunia Politik, Menurut Alumnus ITB

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

26 Maret 2024, 08.32

Sumber: Ilustrasi mahasiswa(SHUTTERSTOCK) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prospek Kerja Teknik Fisika, Alumnus ITB: Wirausaha hingga Politik", Klik untuk baca: https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/09/114554071/prospek-kerja-teknik-fisika-alumnus-itb-wirausaha-hingga-politik?

Dalam membangun karier, seorang sarjana memiliki tiga opsi: menjadi wirausaha, bermitra dengan rekan kerja, atau menjadi pegawai. Kusmayanto Kadiman, seorang alumni Teknik Fisika ITB dan mantan Menteri Riset dan Teknologi, menyarankan agar pilihan menjadi pegawai menjadi opsi terakhir. Menurutnya, di Indonesia kurangnya orang yang berani menjadi bagian dari kelompok pertama dan kedua.

Mengetahui industri yang berkembang dan memahami faktor-faktor eksternal menjadi penting dalam mempertimbangkan opsi pertama dan kedua. Peluang kerja bagi lulusan Teknik Fisika sangat beragam, termasuk menjadi wirausaha atau terlibat dalam politik seperti yang dijabarkan oleh Sondang Tiar Tampubolon, seorang alumni Teknik Fisika ITB yang juga Anggota Parlemen Komisi VI DPR RI.

Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITB juga mengenalkan prospek karier teknik fisika melalui berbagai kegiatan, seperti X-Peria Festival yang menampilkan lebih dari 25 pembicara dari lebih dari 10 laboratorium di Teknik Fisika ITB. Acara ini membantu mahasiswa memperoleh wawasan yang berguna dalam memilih jalur karier mereka, seperti yang disampaikan oleh salah satu pengunjung festival, Dera.


Disadur dari: edukasi.kompas.com