Pelajaran Perang: Jurusan Kuliah yang Terkait dengan Konflik dan Keamanan Global

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

06 Maret 2024, 16.16

Sumber: detik.com

Jakarta - Perang Rusia-Ukraina pecah setelah tentara Moskow melakukan serangan balik dengan mengirimkan pasukan ke wilayah Ukraina. Diketahui bahwa kedua negara memiliki sejarah perang yang panjang.
Seperti peristiwa lainnya di muka bumi, perang memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat. Selain itu, perang adalah hubungan yang dihindari dan dihindari oleh orang-orang di seluruh dunia bila memungkinkan.

Apa pun yang berhubungan dengan perang dapat dipelajari di kantor universitas berikut: Termasuk upaya pencegahan penyakit, keterlambatan perkembangan, dan masalah lain yang ditimbulkannya. oleh konflik bersenjata.

Konferensi para pemimpin perang

1. Hubungan Internasional (HI)

HI adalah program inti yang mempelajari bagaimana negara menghadapi tantangan global seperti perdagangan, masalah keamanan (termasuk perang), masalah lingkungan hidup dunia, dan kemiskinan antaretnis.

Ilmu yang diajarkan di HI adalah analisis . . Strategi, politik, ekonomi dunia, budaya. Di jurusan ini mahasiswa juga mempelajari bahasa dan bahasa.

Menurut website UGM, HI sangat dekat dengan perdamaian internasional, keadilan dan dunia. Departemen ini menyelidiki teori-teori dasar dan tren baru dalam hubungan internasional, khususnya politik dan keamanan internasional, studi perdamaian dan konflik, ekonomi politik dan pembangunan internasional, serta hubungan internasional. Ini adalah wilayah kecil untuk wilayah AMEURO (Amerika Serikat dan Eropa). ), AFROMEAS (Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah dan Asia Selatan) dan ASPAC (Asia Timur, Asia Tenggara, Australia dan Pasifik). keamanan nasional dan perang, jadi kami memahami bahwa Anda akan senang mempelajari departemen ini. Prospek karir bagi lulusan HI mencakup kandidat, jurnalis, dan analis politik.

2. Politik

Perang juga disebabkan oleh situasi politik. Meski tidak sedalam Departemen RI, Departemen Ilmu Politik juga mempelajari perang.

Menurut laman Unnes, Departemen Ilmu Politik mempelajari isu-isu yang berkaitan dengan politik, termasuk isu-isu politik nasional dan internasional. Jurusan ilmu politik harus memiliki keterampilan komunikasi, observasi, penelitian, analisis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Karena perang adalah masalah global, siswa mendapat pelajaran tentang politik internasional. Kursus ini mencakup geopolitik, globalisasi, ekonomi politik internasional, kebijakan keamanan internasional, kebijakan diplomatik, dll.

Harapan karir bagi para profesional politik termasuk bekerja di bidang urusan publik, lembaga pemerintah seperti DPR dan DPRD. Kasus lainnya termasuk bekerja untuk organisasi sosial, anggota partai politik, peneliti, peneliti, pembicara, dll.

3. Strategi Perang Dunia

Ini adalah misi tingkat master. Departemen ini mempelajari kajian konsep dan strategi perang internasional dari sudut pandang nasional dan internasional. Kantor ini berlokasi di Universitas Nasional Indonesia.

4. Peperangan Asimetris

Pembicaraan ini ditujukan untuk pemahaman menyeluruh tentang konsep dan teori peperangan asimetris. Pada departemen ini mahasiswa diharapkan mampu memberikan rekomendasi, konsep dan strategi pencegahan dan implementasi kebijakan dalam perspektif nasional dan internasional yang komprehensif, berdasarkan isu identitas, kepemilikan dan loyalitas. Jurusan ini berlokasi di Universitas Nasional Indonesia.

Disadur dari Artikel : detik.com