Pasar Bebas: Landasan dan Implikasi dalam Sistem Ekonomi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Maret 2024, 16.51

Sumber: id.wikipedia.org

Dalam ilmu ekonomi, pasar bebas adalah sistem ekonomi di mana harga barang dan jasa ditentukan oleh penawaran dan permintaan pembeli dan penjual. Pasar model beroperasi tanpa campur tangan pemerintah atau otoritas eksternal lainnya. Para pendukung pasar bebas berpendapat bahwa, dibandingkan dengan pasar yang diatur, pemerintah melakukan intervensi terhadap penawaran dan permintaan melalui berbagai cara, seperti pajak dan peraturan. Dalam ekonomi pasar bebas yang efisien, harga barang dan jasa hanya ditentukan oleh penawaran dan permintaan para pelakunya.

Para ahli membandingkan konsep pasar dan pasar bebas.diorganisasikan dalam disiplin ilmu seperti ekonomi politik. , ekonomi manajerial modern, ekonomi sosial dan ilmu politik. Semua aspek ini menunjukkan bahwa dalam sistem pasar manajer eksternal saat ini, kekuatan-kekuatan ini lebih penting daripada kekuatan penawaran dan permintaan, dan menciptakan peluang bagi mereka untuk mengendalikan produksi dan distribusi. Pasar bebas dikaitkan dengan kapitalisme dalam budaya modern dan populer, namun juga merupakan bagian dari beberapa aspek pasar sosial.

Secara historis, pasar bebas dan kebijakan ekonomi lainnya telah digunakan. Misalnya, para pendukung kapitalisme laissez-faire mungkin menyebut sistem ini sebagai pasar bebas karena mereka mengklaim sistem ini mencapai kebebasan ekonomi maksimum. Dalam praktiknya, pemerintah melakukan intervensi untuk mengurangi eksternalitas seperti emisi gas rumah kaca. Anda juga dapat menggunakan pasar untuk melakukan hal ini, seperti perdagangan karbon.

Ekuilibrium Ekonomi

Menurut teori keseimbangan umum dalam kondisi persaingan sempurna tertentu, hukum penawaran dan permintaan mempengaruhi harga keseimbangan. Bandingkan permintaan produk dengan penawaran. Pada harga keseimbangan ini, pasar mengalokasikan produk kepada konsumen sesuai dengan kebutuhan atau kegunaan masing-masing konsumen terhadap setiap produk dan batasan daya beli masing-masing konsumen. Hasil ini disebut optimal pasar atau optimal Pareto.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org