Pabrik Honda capai produksi ke-100.000

Dipublikasikan oleh Admin

27 Juni 2022, 06.35

Sumber: honda-indonesia.com

Pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat, sejak beroperasi pada bulan Februari 2003 telah mencapai produksinya yang ke-100.000 pada tanggal 19 Januari 2007. Unit produksi pabrik PT HPM ke-100.000 ini merupakan salah satu tonggak sejarah bagi kiprah Honda di Indonesia.

“Pencapaian 100.000 unit produksi oleh pabrik Honda Karawang menjadi kebanggaan tersendiri bagi PT Honda Prospect Motor karena berhasil dicapai dalam waktu yang cukup singkat. Prestasi ini merupakan buah hasil kerja keras dan komitmen tinggi para karyawan yang didukung investasi peralatan produksi berteknologi tinggi demi memuaskan kebutuhan pelanggan akan produk yang berkualitas dan delivery yang tepat waktu,” papar Kenji Otaka, President Director PT HPM.

Semua lini produksi pabrik Honda Karawang didukung dengan peralatan berteknologi tinggi, yang memungkinkannya melakukan produksi dengan kapasitas dan kualitas tinggi. Pabrik ini telah dilengkapi teknologi robotic machinery yang digunakan dalam produksi Honda Jazz dan CR-V. Salah satu teknologi terbaru yang diterapkan di pabrik Honda di Karawang ini adalah Painting robot yang digunakan dalam proses pengecatan bodi mobil.

Dengan investasi sebesar 1.000.000 USD painting robot ini setiap harinya menghasilkan cat bodi dengan presisi ketebalan dan kualitas cat tingkat tinggi. Teknologi ini telah digunakan dalam produksi mobil Honda di pabrik Karawang sejak November 2006. Selain di proses pengecatan, teknologi robot dan mesin canggih juga digunakan dalam setiap tahap produksi mobil Honda, mulai dari proses welding, painting, assembling, hingga vehicle quality control, demi menghasilkan presisi produk yang tinggi dalam waktu lebih singkat.

Dengan fasilitas canggih tersebut yang ditunjang pula dengan kerjasama solid dan motivasi kuat, pabrik yang berdiri di area seluas 512.500 meter persegi ini telah menghasilkan produk-produk mobil yang telah diterima dengan baik di masyarakat.

Penerapan berbagai peralatan berteknologi canggih telah meningkatkan kapasitas produksi per hari di pabrik Honda Karawang. Saat mulai beroperasi di tahun 2003, kapasitas produksi pabrik Honda Karawang hanya sekitar 30 unit mobil per hari. Saat ini, pabrik ini mempunyai kapasitas produksi maksimum hingga 210 unit mobil setiap harinya.

honda-indonesia.com