Optimalkan Potensi Pertanian: Kementan Dorong Pengembangan Sistem Irigasi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani Tabanan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

15 Februari 2024, 16.13

Sumber: kompas.com

Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan irigasi pertanian berupa waduk dan RJIT kepada petani di Kabupaten Tabanan, Bali. Tujuan dari dukungan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas pertanian di wilayah tersebut. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan saluran irigasi yang baik menjamin ketersediaan air yang cukup untuk budidaya pertanian. Air merupakan faktor kunci bagi pembangunan pertanian yang optimal.

Kementerian Pertanian mengumumkan bahwa sistem irigasi yang menggunakan air hujan atau air permukaan dapat meningkatkan produktivitas pertanian pada musim kemarau. Ali Jamil, Dirjen PSP Kementerian Pertanian, mengatakan irigasi pertanian merupakan program strategis yang harus berjalan dengan baik. Irigasi pertanian dapat menjamin ketersediaan air bagi tanaman sehingga faktor cuaca tidak mengganggu pertanian.

Menurut Kementerian Pertanian, irigasi pertanian tidak hanya menjamin ketersediaan air bagi tanaman, tetapi juga meningkatkan indeks hasil (IP) dan kesejahteraan petani. Ali Jamil, Direktur Jenderal PSP Kementerian Pertanian, mengatakan irigasi pertanian memiliki tiga aspek positif, yakni produktivitas, IP, dan kesejahteraan. Irigasi pertanian dapat membantu petani mengoptimalkan produksi pertaniannya.

Kementerian Pertanian menjelaskan bahwa irigasi pertanian dapat menjamin kestabilan pasokan air ke sawah, sehingga mendukung pengembangan budidaya padi. Irigasi pertanian juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti penyediaan air, hortikultura, perkebunan dan peternakan. Irigasi pertanian diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

 

Disadur dari: Artikel: kompas.com