MSIB Batch 2: Kesempatan Emas bagi Mahasiswa Vokasi, Daftar Sekarang Juga!

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 April 2024, 10.04

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Program pendidikan dan pelatihan mandiri (MSIB) kembali hadir. #MSIB Program pelatihan Batch 2 dengan program pendidikan khusus terbuka untuk 25.000 siswa. Bahkan, penyalurannya tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Jika Anda tertarik untuk mengikuti program ini, silakan mendaftar sesegera mungkin. Program ini berakhir pada 14 Januari 2022. Tentunya mahasiswa mempunyai kesempatan lebih besar untuk bekerja sebagai karyawan dan bisa belajar langsung di dunia usaha dan industri (DUDI). Menerima pengajaran langsung dari instruktur profesional.

Pelamar adalah mahasiswa D3 dan D4.

Selain itu, mahasiswa peserta MSIB berkesempatan mendapatkan bantuan keuangan dan sertifikat pelatihan. . Merangkum dari akun Instagram Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (9/1/2022), mahasiswa yang bisa mendaftar program ini adalah mahasiswa minimal semester 4 (program D3) dan minimal semester 5 (program D4) di bawah naungan Kemendikbud Ristek. Pelaksanaan MSIB ini membantu perguruan tinggi dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang optimal. Program MSIB sangat membantu perguruan tinggi mencapai IKU 1 (lulusan mendapat pekerjaan yang layak) dan IKU 2 (mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus).

Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional pendidikan Tinggi antara lain:

Lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak

  1. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus
  2. Dosen berkegiatan di luar kampus
  3. Praktisi mengajar di dalam kampus
  4. Hasil kerja dosen digunakan masyarakat
  5. Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia
  6. Kelas yang kolaboratif dan partisipatif
  7. Program studi berstandar internasional

Manfaat Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

Pelaksanaan program MSIB ini tentu mendatangkan banyak manfaat baik bagi mahasiswa maupun pelaku industri.

Manfaat bagi pelaku industri seperti Management Traineeship yang didanai pemerintah: mahasiswa akan didanai oleh Kemendikbud Ristek untuk bekerja full time. Talent scouting untuk mencari talenta dari perguruan tinggi: pelaku indutri bebas memilih mahasiswa yang diterima. Sedangkan manfaat bagi mahasiswa yakni membangun keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Sertifikat industri (kredensial mikro) yang diakui oleh pemerintah, universitas, dan dunia profesional untuk pekerjaan masa depan. Pelajari praktik terbaik dari organisasi global.

Sumber: kompas.com