Monorel: Sistem Transportasi Inovatif dengan Rel Tunggal

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

07 Mei 2024, 09.32

Sumber: id.wikipedia.org

Monorel adalah sistem kereta api di mana jalurnya terdiri dari satu rel atau balok tunggal. Secara umum, istilah "monorel" sering digunakan untuk menggambarkan sistem rel terangkat atau pengangkut orang apa pun. Secara lebih tepat, istilah ini mengacu pada gaya jalur yang digunakan. Sistem monorel paling sering diterapkan di kota-kota besar, bandara, dan taman hiburan.

Asal-usul

Istilah ini mungkin berasal dari tahun 1897, dari insinyur Jerman bernama Eugen Langen, yang menyebut sistem kereta api terangkat dengan gerbong digantung sebagai "Eugen Langen One-railed Suspension Tramway" (Sistem Kereta Gantung Satu Rel Eugen Langen).

Perbedaan dari sistem transportasi lainnya

Monorel telah diterapkan dalam transfer di bandara dan metro berkapasitas sedang. Untuk membedakan monorel dari mode transportasi lainnya, Monorail Society mendefinisikannya sebagai "satu rel yang berfungsi sebagai jalur untuk kendaraan penumpang atau barang. Dalam kebanyakan kasus, relnya terangkat, tetapi monorel juga dapat berjalan pada tingkat tanah, di bawah tingkat tanah, atau di terowongan bawah tanah. Kendaraan tersebut digantung atau melintang di atas jalur panduan yang sempit. Kendaraan monorel lebih lebar daripada jalur panduan yang menopangnya."

Kemiripan

Monorel sering kali terangkat, yang kadang-kadang menyebabkan kebingungan dengan sistem terangkat lainnya seperti Docklands Light Railway, Vancouver SkyTrain, AirTrain JFK, dan sistem penggerak kabel seperti Cable Liner yang berjalan di atas dua rel.

Kendaraan monorel sering kali terlihat mirip dengan kendaraan trem ringan, dan dapat berawak atau tidak. Mereka dapat berupa kendaraan tunggal kaku, unit tunggal yang bersendi, atau beberapa unit yang terhubung menjadi kereta. Seperti sistem transportasi cepat lainnya, monorel dapat digerakkan oleh motor induksi linear; seperti kereta api konvensional, badan kendaraan dapat terhubung ke balok melalui bogie, memungkinkan melewati tikungan.

Monorel kadang-kadang digunakan di daerah perkotaan seiring dengan sistem metro sejajar berrel konvensional. Monorel Mumbai beroperasi bersama Mumbai Metro, sementara jalur monorel terintegrasi dengan jalur kereta rel konvensional dalam jaringan BTS Skytrain di Bangkok.

Dengan demikian, monorel adalah sistem transportasi dengan jalur tunggal atau balok tunggal. Meskipun terkadang terangkat, monorel memiliki kemiripan dengan sistem terangkat lainnya dan kendaraannya mirip dengan trem ringan. Monorel dapat ditemukan di kota-kota besar dan digunakan bersama dengan sistem metro konvensional.

Sumber: id.wikipedia.org