Misteri yang Mengelilingi 10 Insiden Pesawat Hilang di Dunia

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

02 April 2024, 11.39

Sumber: id.wikipedia.org

Insiden pesawat yang hilang masih menjadi isu keamanan yang menghantui industri penerbangan di seluruh dunia. Salah satu contoh insiden tersebut adalah hilangnya Malaysia Airlines MH370, yang penyebabnya masih menjadi misteri hingga saat ini. Pada tahun 2019, Otoritas Penerbangan Irlandia memperkenalkan sistem satelit radar baru yang diklaim dapat memberikan lokasi yang akurat dari pesawat di seluruh dunia dalam kasus kecelakaan atau insiden lainnya. Inovasi ini diharapkan dapat mengatasi fenomena hilangnya pesawat dari radar yang dapat menghambat upaya penyelamatan.

Beberapa contoh pesawat yang telah menghilang dan masih menyisakan berbagai misteri, seperti yang dilaporkan oleh The Irish Times, antara lain:

  1. Malaysia Airlines MH370: Pesawat ini menghilang saat dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada Maret 2014. Meskipun upaya pencarian telah dilakukan selama berbulan-bulan, pesawat dan penumpangnya hingga kini belum ditemukan.

  2. Air France 447: Pada tahun 2009, Air France Penerbangan 447 jatuh ke Samudra Atlantik dengan kehilangan 216 penumpang dan 12 awak. Penyebab kecelakaan ini awalnya menjadi misteri, tetapi setelah dua tahun pencarian, data penerbangan kotak hitam dan perekam suara berhasil ditemukan.

  3. Pesawat Amelia Earhart: Pada tahun 1937, Amelia Earhart dan navigator Fred Noonan menghilang di atas Pasifik saat melakukan penerbangan keliling dunia dengan pesawat Lockheed Electra 10E. Hingga kini, pesawat dan awaknya tidak pernah ditemukan.

  4. Pesawat Pengebom Porpedo 19: Lima pesawat pembom torpedo Angkatan Laut Amerika Serikat menghilang di atas Segitiga Bermuda selama penerbangan pelatihan rutin pada puncak Perang Dunia II. Keempat belas awak pesawat tidak pernah ditemukan.

  5. Flying Tiger 739: Pada tahun 1962, Flying Tiger Flight 739 milik Angkatan Darat Amerika Serikat menghilang di Palung Mariana di Samudra Pasifik saat dalam perjalanan dari Guam ke Filipina. Meskipun upaya pencarian melibatkan ribuan orang dan berbagai sarana, pesawat ini tidak pernah ditemukan.

  6. Penerbangan Angkatan Udara Uruguay 571: Pesawat angkatan udara Uruguay menghilang saat melintasi Pegunungan Andes pada tahun 1972. Setelah 72 hari, 16 orang yang selamat ditemukan. Mereka harus bertahan hidup dengan memakan jasad penumpang yang sudah meninggal.

  7. Tabrakan Star Dust pada 1947: Pesawat British South American Airways Star Dust menghilang pada tahun 1947 saat terbang dari Buenos Aires ke Santiago. Lebih dari 50 tahun kemudian, potongan-potongan puing pesawat dan bagian tubuh penumpang ditemukan di Pegunungan Andes.

  8. Kecelakaan pesawat Angkatan Udara India: Pada tahun 2016, pesawat angkut Antonov An-32 milik Angkatan Udara India menghilang dengan 29 orang di atas Teluk Benggala. Meskipun pencarian dilakukan dengan melibatkan kapal selam, kapal permukaan, dan pesawat, pesawat ini tidak pernah ditemukan.

  9. Lady Be Good: Sebuah pesawat B-24D Korps Udara Angkatan Darat AS bernama Lady Be Good hilang saat misi pengeboman di Italia pada tahun 1943. Pesawat ini ditemukan di gurun Libya pada tahun 1958, dan delapan awaknya ditemukan selamat.

  10. Vancouver Douglas DC-4: Pada tahun 1951, pesawat Douglas DC-4 yang berangkat dari Vancouver menuju Anchorage menghilang di tengah perjalanan. Tidak ada jejak pesawat atau penumpang yang ditemukan.

 

Disadur dari Artikel : kompas.com