MIO: Transformasi Transportasi Publik di Santiago de Cali, Kolombia

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

02 April 2024, 10.24

Sumber: id.wikipedia.org

Western Mass Integrated ('Western Mass Integrated'), juga dikenal sebagai MIO, adalah sistem transportasi bus yang beroperasi di Santiago de Cali, Kolombia. Sistem ini bekerja melalui bus gandeng yang beroperasi pada rute tertentu. Sekitar 97% (sekitar 243 km) batas spasial kota tercakup dalam sistem ini. MIO mencakup sekitar 72% kebutuhan transportasi Cali.

Proyek ini dimulai dengan investasi sebesar $405 juta. Pemerintah Kolombia menyumbang 70% dan kota Cali menerima 30% sisanya. Sumber daya ini digunakan untuk membiayai infrastruktur MIO, termasuk pembangunan jalan raya, pompa bensin, tempat istirahat, sistem stasiun, jembatan penyeberangan, terminal dan galangan kapal. Bus sewaan ini mampu menampung hingga 160 penumpang dan hanya beroperasi di dalam boks. Di sisi lain, bus terdaftar mengangkut antara 80 dan 100 orang dan beroperasi di jalur kereta api dan jalan pribadi. Jam pengoperasian sistem normal adalah sekitar pukul 05.00 hingga 23.00 pada hari kerja dan Sabtu, serta pukul 06.00 hingga 22.00 pada hari Minggu dan hari libur.

Zonasi

Untuk meningkatkan kapasitas. Dari divisi tersebut, Perusahaan Metrocali telah mengembangkan model kawasan perkotaan yang mengikuti model sistem TransMilenio. Namun, Metrocali tidak mengirimkan surat ke jalur utama, melainkan membagi seluruh kota menjadi beberapa distrik, yang masing-masing diberi nomor.

Stasiun

MIO memiliki beberapa rute utama dan kemungkinan lokasi. . Anda melewati satu jalur ke jalur lainnya untuk mencapai tujuan Anda. Browser diurutkan dari utara ke selatan dan dikelompokkan berdasarkan wilayah.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com