Menyingkap Perbedaan Vokasi dan Sarjana: Panduan untuk Calon Mahasiswa

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

07 Maret 2024, 09.51

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Tahukah mahasiswa masa kini perbedaan antara gelar profesi dan gelar? Sudahkah Anda memutuskan karir kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat Anda? Tapi pertama-tama, apa fungsinya dan mana yang terbaik untuk tujuan pendidikan? Pelatihan kejuruan sangat mirip dengan banyak pelatihan di tempat kerja. Saat ini, gelar sarjana lebih bersifat akademis. Berikut penjelasan perbedaan gelar vokasi dan sarjana yang harus dipahami oleh mahasiswa baru, demikian laman Akupintar:

Pendidikan vokasi

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang keahlian khusus yang digunakan. Pelatihan kejuruan, juga dikenal sebagai program diploma, membekali Anda dengan keterampilan terapan atau teknis yang diperlukan untuk suatu pekerjaan.

Program Gelar D1

Program Gelar 1 (D1) dapat memakan waktu satu atau dua tahun. Satu minggu untuk mengambil 32 SKS. Lulusan pelatihan profesi D1 menyandang gelar A.P. (kelas satu). Misalnya, spesialis pertama di bidang transportasi (A.P.Pel.), spesialis pertama di bidang IT (A.P.Kom.), atau spesialis pertama di bidang pariwisata (A.P.Par.).
\ program nFP2

Gelar. Masa studi 2 (D2) adalah 2 tahun atau 4 semester dan memerlukan 64 SKS. Lulusan D2 Diklat Vokasi mempunyai gelar Profesional Muda (A.Ma.). Misalnya saja pakar muda bidang transportasi laut (A.Ma.Pel.), pakar muda bidang pendidikan (A.Ma.Pd.), pakar muda bidang ilmu perpustakaan (A.Ma.Pust.), pakar muda bidang pengujian kendaraan. Matanga (A.Ma.Pust.) .Ma.P.K.B.) dan lain-lain.

Program Spesialis D3

Masa studi Diploma 3 (D3) 3 tahun atau 6 bulan, akan diselesaikan sebanyak 112 SKS. Lulusan pendidikan D3 menyandang gelar Associate Professor (A.Md.). Misalnya, Spesialis Akuntansi (A.Md. Akun.), Spesialis Asuransi dan Aktuaria (A.Md.A.A.), Spesialis Analisis Medis (A.Md.A.K.), dan Spesialis Penawaran (A.Md.A.K.). .) Md.Pel.) dll.

D4 Master

Masa studi untuk Gelar 4 (D4) adalah 4 tahun atau 8 minggu, dan 144 penghasilan. Mahasiswa Program D4 mempunyai gelar sarjana terapan (S.Ter.), seperti Sarjana Teknik Terapan (S.Tr.T) atau Magister Sains Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (S.Tr.Si).

Disadur dari Artikel : kompas.com