Menyelami Dunia Metalurgi: Persiapan Menuju Jurusan Teknik

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

21 Juni 2024, 09.28

Sumber: pinterest

Mengenal jurusan Teknik Metalurgi

Teknik metalurgi adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari proses pengolahan mineral, ekstraksi, pembuatan paduan, penguatan, dan hubungan sifat mekanik dan struktur logam. Mereka yang ingin masuk ke jurusan ini akan mempelajari lebih dalam tentang sifat-sifat logam untuk membuat logam berguna.

Jurusan Metalurgi fokus mempelajari tentang pengolahan logam dan mineral. (Sumber: ft.uts.ac.id)

Sementara para ahli kimia menggambarkan metalurgi sebagai proses ekstraksi logam dari tambang. Meskipun demikian, jurusan metalurgi tidak hanya terlibat dalam ekstraksi logam, tetapi juga dalam produksi logam dengan tujuan mendapatkan logam yang bermanfaat.

Mata kuliah di jurusan Teknik Metalurgi

Mahasiswa Teknik Metalurgi akan mempelajari banyak hal tentang logam, khususnya cara diekstraksi. Mereka juga akan belajar bagaimana memadukan logam dengan bahan lain, membuat dan memperbaiki struktur, dan bagaimana struktur mikro mempengaruhi sifat logam paduannya.

Selain itu, kunjungan industri akan diberikan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan praktis. Menurut situs web Jurusan Teknik Metalurgi Institut Teknologi Bandung (ITB), kunjungan ini akan dilakukan dua kali: pada tahun kedua melalui program Kuliah Kerja dan pada tahun ketiga melalui program Kerja Praktek.

Sebelum mendaftar di jurusan Teknik Metalurgi, Anda harus mengetahui beberapa mata kuliah yang akan diajarkan di bawah ini.

  1. Teknik Metalurgi
  2. Kristal dan Mineral Kinetika Metalurgi
  3. Penggunaan Mineral Industri
  4. Konsentrasi Flotasi
  5. Hidro-elektrometalurgi
  6. Termodinamika
  7. Kekuatan
  8. Perhitungan
  9. Pirometalurgi
  10. Proses

Daftar perguruan tinggi dengan jurusan Teknik Metalurgi

Jurusan Teknik Metalurgi tersedia di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan masuk ke Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Jika Anda berhasil masuk ke jurusan ini, Anda dapat langsung lanjut ke jenjang S2. karena Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan kursus S1 dan S2.

Selain itu, perguruan tinggi negeri berikut memiliki jurusan Teknik Metalurgi.

  1. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya 
  2. Jurusan Teknik Material dan Metalurgi
  3. Di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) di Bandung, ada jurusan Teknik Metalurgi.
  4. Di Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, ada jurusan Teknik Metalurgi dan Material.
  5. Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Banten, ada jurusan Teknik Metalurgi di Institut Teknologi dan Sains (ITSB) di Bekasi.

Prospek kerja jurusan Teknik Metalurgi

Setelah lulus dari jurusan Metalurgi, Anda akan menerima gelar Sarjana Teknik. Apakah pertanyaan selanjutnya yang muncul di benak Anda adalah apakah lulusan Teknik Metalurgi memiliki kesempatan kerja yang menjanjikan?

Jarang dilirik, jurusan Metalurgi ternyata punya prospek kerja yang menjanjikan. (Sumber: cekaja.com)

Bisa dibilang, Iya. Jurusan ini memiliki bidang pekerjaan yang cukup luas. Beberapa pekerjaan yang tersedia di jurusan metalurgi adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan tambang dan batu bara
  2. Pabrik ekstraksi logam
  3. Pabrik semen
  4. Perusahaan minyak dan gas
  5. Manufaktur
  6. Konstruksi
  7. Dosen
  8. Jasa konsultan 
  9. Pemasaran
  10. Pemerintahan
  11. Lembaga penelitian

Sementara itu, UU No. 4 tahun 2009 melarang perusahaan pertambangan mengekspor biji logam yang belum diolah atau diekstrak, yang meningkatkan kebutuhan akan ahli metalurgi atau lulusan teknik metalurgi di Indonesia. Itu bagus, bukan?

Membicarakan tentang gaji, tentu saja hal ini mengacu pada banyak hal, seperti pengalaman kerja, posisi, jabatan, dan perusahaan tempat Anda bekerja. Meskipun demikian, lulusan Teknik Metalurgi biasanya menerima gaji antara Rp3,5 juta dan Rp7 juta per bulan.

Sumber: ruangguru.com