Menuju Prestasi Optimal di Masa Pandemi: 5 Tips dari Sekjen IKA ITS

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

23 Februari 2024, 16.09

Sumber: kompas.com

Selain itu, aktivitas lain seperti bersosialisasi dan ngobrol dengan orang lain terhenti sementara akibat pandemi. Sekalipun tidak mendapat bantuan langsung dari guru atau dosen, siswa membutuhkan karya dan prestasi. Jangan sampai pandemi Covid-19 membuat pelajar menjadi malas dan terlena. Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Thonthowi Djauhari ingin berbagi beberapa tips jitu agar sukses dalam pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19.

1. Maksimalkan Alat Bantu

Homeschooling hadir dengan beragam tantangan. Termasuk alat dan infrastruktur untuk berpartisipasi dalam pembelajaran online. Thonthowi mengatakan kesulitan ini bisa diminimalisir jika kampus atau sekolah bisa menerima siswanya tanpa alat bantu. Pihak kampus, lanjut Thonthowi, akan semaksimal mungkin membantu mereka dengan menyediakan fasilitas yang memadai ketika peralatan mereka terbatas. Salah satunya dengan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu siswa yang membutuhkan. Hal ini untuk memastikan mereka dapat terus berpartisipasi dalam proses belajar mengajar secara online. “Kalau semua siswa punya fasilitas yang memadai, bisa dipastikan mereka bisa menyelesaikan proses belajar mengajar di rumah juga,” kata Thonthowi kepada Kompas.com, Minggu (2 Juli 2021). Baca juga: Mahasiswa ITS

2. Meningkatkan Soft Skills

Kompetensi seseorang tidak bisa dilihat hanya dari kemampuannya dalam memahami pelajaran atau dari segi akademik. Namun mereka juga harus memiliki soft skill yang baik. Thonthowi menambahkan, baik mahasiswa maupun sarjana setidaknya harus memoles soft skill mereka. Hal ini diperlukan untuk dapat bekerja setelah lulus. Selain itu, soft skill sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja. Meski di masa pandemi, softskill tetap bisa diasah dengan mengikuti kegiatan kampus meski hanya secara daring. “Dengan tetap terorganisir, Anda dapat meningkatkan keterampilan dalam mengartikulasikan ide, memimpin dan dipimpin, serta bekerja dalam tim,” tambahnya.

3. Berdiskusi untuk menambah ilmu

Selain belajar dari atau dari dosen, materi pembelajaran dapat ditingkatkan melalui diskusi. Bisa dengan teman sekelas, satu kampus, atau bahkan kampus lain. Selain itu, banyak sekali materi di internet berupa video yang dapat dijadikan bahan diskusi untuk memperluas pengetahuan.

4. Inilah Cara Menjangkau Seseorang

Salah satu cara mudah untuk mencapai kesuksesan adalah dengan terinspirasi oleh orang-orang hebat. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca buku atau menonton film dokumenter tentang orang tersebut.

5. Jangan takut gagal.

Thonthowi mengatakan kegagalan adalah hal yang lumrah bagi para pekerja. Lebih baik melakukan sesuatu meski harus gagal terlebih dahulu. “Dari kegagalan tersebut kita bisa belajar apa penyebab kegagalan tersebut. Agar kegagalan tersebut tidak terulang lagi. Jika ini dilakukan secara konsisten dalam pembelajaran daring, maka hal ini akan bisa dilakukan baik oleh pelajar maupun mahasiswa di masa pandemi seperti sekarang,” ujarnya. \N.

Disadur dari Artikel : kompas.com