Menteri Basuki Serahkan Hadiah Pemenang Sayembara Konsep Perancangan IKN Nusantara, Juara 1 Dapat Rp 500 Juta

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

16 April 2024, 09.17

money.kompas.com

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, dan Presiden Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Gregorius Budi Yulianto memberikan arahan kepada toko-toko lokal di Ibu Kota Negara. Gedung (IKN). dan Lomba Proyek Bangunan pada Senin (18 Juli 2022) di Auditorium Kementerian PUPR, Nusantara..

“Saya tahu yang penting bagi para pemenang bukanlah uang semuanya, tapi kontribusi mereka dalam membangun IKN Nusantara, kebanggaan dan nilai mereka,” kata Menteri Basuki. , ini kesempatan bagi anak-anak di seluruh tanah air untuk ikut serta dalam pembangunan ibu kota. Buka pintunya, jelasnya..

Menteri Basuki mengatakan, tidak mudah untuk menentukan pemenang kompetisi regional arsitektur IKN tersebut. “Para juri memutuskan tiga finalis untuk masing-masing kategori, lalu meminta mereka untuk memilih satu. Tidak mudah karena banyak sekali yang mendapat hasil bagus, tapi kami evaluasi sebanyak empat kali. Pertama saya jelaskan secara individu dan Direktur Cipta Karya. dan kelompok.Kedua, keesokan harinya saya sendirian Ketiga, kami menyambut kedatangan Ketua Pokja Perencanaan Infrastruktur IKN. Keempat, kita akan bertemu dengan Ketua DPR dan Ketua DPR untuk menentukan pemenangnya,” kata Menteri Basuki..

Untuk mencapai hasil terbaik, Menteri Basuki meminta agar karya para penerima penghargaan berkolaborasi untuk menciptakan sebuah karya arsitektur yang menyelaraskan struktur, estetika, dan fungsi. “Hak cipta adalah milik Dinas PUPR, namun nantinya kami mengajak para seniman untuk mengoptimalkan desain ini agar sesuai dan dapat diterima oleh semua pihak,” kata Menteri Basuki..

Pemenang kompetisi tersebut adalah Adil Ka'Talino pada Juara I, Paramarta pada Juara II, dan Cakra Nusantara pada Juara III untuk Dewan Kehakiman..

Pada kesempatan ini, untuk Istana Wakil Presiden diputuskan tidak ada pemenang pertama, namun karya yang terpilih menjadi juara kedua adalah 'Humabetangumai' dan 'Te Whare Taonga o te Iwi', yang diraih juara ketiga. oleh 'Museum. '. Sebuah karya berjudul Dwi Arya Wibawa..

Sementara itu, dipilih tiga proyek untuk gereja, antara lain Humanity Beyond Religion, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan AkuRukun yang terpilih sebagai runner-up..

Diputuskan tidak ada juara pertama Departemen Kehakiman, namun ada dua lakon yang meraih juara kedua, Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia. Juara ketiga diraih oleh kegiatan yang disebut Lingkaran Demokrasi..
Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan informasi uang muka sebesar Rp. 500 juta, hadiah kedua Rp. 250 juta won dan juara ketiga Rp. 150 juta.
Presiden IAI Gregorius Budi Yulianto mengucapkan terima kasih atas kompetisi yang diselenggarakan Kementerian PUPR. “Kami sangat mengapresiasi kompetisi yang diselenggarakan oleh Dinas PUPR ini,” kata Budi..
Eduardus Ary Witjaksono, orang nomor 1 di bidang peradilan, menyambut baik kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN. “Suatu kehormatan bisa terlibat dalam perancangan gedung IKN,” ujarnya.

Sumber: pu.go.id/berita