Menkes: Peran Vital Industri Farmasi dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

15 Februari 2024, 08.54

Sumber: republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta--Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan industri farmasi akan berperan strategis dalam upaya penanggulangan pandemi, khususnya dalam produksi dan distribusi obat untuk pengobatan Covid-19. kataku di sana.

“Saat ini Indonesia memiliki 222 perusahaan farmasi yang banyak menghasilkan produk berupa obat-obatan, seperti produk kesehatan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi,” kata Budi dalam keterangannya, Kamis (1/4).

Budi menjelaskan, dari sudut pandang ekonomi, industri farmasi merupakan salah satu sektor industri yang terus tumbuh di masa pandemi, baik dari segi nilai pasar maupun nilai investasi. Ia mengatakan, Indonesia sedang bekerja keras untuk keluar dari wabah Covid-19. Upaya tersebut memerlukan peran serta dan koordinasi semua pihak, termasuk profesi medis.

“Pertumbuhan industri ini akan sangat meningkatkan akses masyarakat terhadap produksi obat-obatan yang aman, efektif, dan bermutu sehingga akan meningkatkan kesehatan masyarakat,” kata Budi.

Ia juga menyampaikan bahwa salah satu program yang patut didukung adalah vaksinasi COVID-19. Menkes menyampaikan, sebagai game changer di bidang epidemiologi, vaksin harus diberikan secara cepat dan sesuai standar mutu yang diperlukan. Tujuannya agar berhasil mencapai tujuan kekebalan kelompok (herd immunity). Untuk itu kami mengharapkan dukungan industri medis dan pemerintah untuk bersinergi menyukseskan program vaksinasi ini, kata Budi.


Disadur dari: https://news.republika.co.id/berita/qqvn9p380/menkes-nilai-industri-farmasi-jaga-stabilitas-ekonomi