Mengupas Tuntas Penelitian Sekunder

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

24 April 2024, 18.59

Sumber: www.jojonomic.com

Penelitian sekunder melibatkan perangkuman, kompilasi dan/atau sintesis dari temuan-temuan penelitian yang sudah ada. Penelitian sekunder berbeda dengan penelitian primer. Hal ini dikarenakan penelitian primer melibatkan pembuatan data, sedangkan penelitian sekunder menggunakan sumber penelitian primer sebagai sumber data untuk dianalisis. Fitur penting dari penelitian primer adalah adanya bagian "Metode" di mana penulis menjelaskan bagaimana data dihasilkan. Contoh umum dari penelitian sekunder termasuk buku teks, ensiklopedia, artikel berita, artikel ulasan, dan meta-analisis. Ketika melakukan penelitian sekunder, penulis dapat memperoleh data dari makalah akademis yang diterbitkan, dokumen pemerintah, database statistik, dan catatan sejarah.

Bidang

Istilah ini sering digunakan dalam bidang-bidang seperti sejarah, penelitian hukum, dan penelitian pasar. Metodologi utama dalam penelitian perawatan sekunder adalah tinjauan sistematis, biasanya menggunakan metode statistik meta-analitik. Pada abad ke-21, metode integratif lainnya seperti tinjauan realis dan tinjauan meta-naratif telah dikembangkan.

Riset pasar sekunder adalah penggunaan kembali data yang dikumpulkan oleh pihak pertama, seperti: B. Wawancara atau survei telepon oleh pihak kedua. Riset pasar sekunder dapat dibagi menjadi dua kategori: informasi dari sumber internal, seperti organisasi atau perusahaan, dan informasi dari sumber eksternal di luar organisasi atau perusahaan. Riset pasar sekunder lebih ekonomis karena menggunakan informasi historis dan menggunakan kembali data yang telah dikumpulkan.

Riset primer vs riset sekunder

Riset primer adalah riset yang dikumpulkan secara langsung dan unik bagi mereka yang menggunakannya. Tujuan dari riset primer adalah untuk menjawab pertanyaan yang tidak terjawab dalam literatur yang dipublikasikan. Selain itu, penelitian ini perlu ditinjau oleh orang lain untuk menghilangkan biasnya sendiri. Penelitian primer dapat berupa survei, observasi, atau wawancara. Jenis investigasi ini biasanya lebih memakan waktu dan mahal. Jika memungkinkan, penelitian sekunder sebaiknya dilakukan sebelum penelitian primer untuk mengidentifikasi informasi yang belum tersedia.

Penelitian sekunder didasarkan pada data dan informasi yang telah dipublikasikan yang diperoleh dari penelitian lain yang telah dilakukan. Para peneliti biasanya melakukan penelitian sekunder sebelum penelitian primer untuk menentukan informasi apa yang kurang. Riset sekunder merupakan titik awal yang mudah untuk sebuah proyek penelitian baru. Tingkat kepercayaan penelitian sekunder tergantung pada sumber data dan siapa yang membagikan penelitian tersebut.


Disadur dari: en.wikipedia.org