Mengungkap Rahasia Intermetalik: Paduan Logam dengan Kekuatan Luar Biasa

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

17 April 2024, 09.42

Sumber: en.wikipedia.org

Senyawa intermetalik (juga disebut senyawa intermetalik, paduan, paduan teratur, paduan teratur jarak jauh) adalah paduan yang membentuk senyawa padat yang teratur antara dua atau lebih elemen logam. Bahan intermetalik umumnya keras dan rapuh dengan sifat mekanik suhu tinggi yang baik. Mereka dapat diklasifikasikan sebagai senyawa intermetalik stoikiometri atau non-stoikiometri.

Meskipun istilah "senyawa intermetalik" untuk fase padat andquot; telah digunakan selama bertahun-tahun, Hume-Rothery berpendapat bahwa istilah tersebut memberikan intuisi yang menyesatkan yang menunjukkan stoikiometri tetap dan bahkan dekomposisi yang jelas ke dalam spesies.

Penggunaan umum

Dalam penggunaan umum, definisi penelitian, termasuk logam pasca-transisi dan metaloid, diperluas untuk mencakup senyawa seperti sementit, Fe3C. Senyawa-senyawa ini, kadang-kadang disebut senyawa interstisial, dapat bersifat stoikiometrik, dan memiliki sifat yang mirip dengan senyawa intermetalik yang didefinisikan di atas.

Properti dan aplikasi

Intermetalik biasanya rapuh pada suhu kamar dan memiliki titik leleh yang tinggi. Mode retak atau fraktur intergranular adalah karakteristik intermetalik karena deformasi plastis membutuhkan sistem slip independen yang terbatas. Namun, ada beberapa contoh intermetalik dengan mode fraktur ulet, seperti Nb-15Al-40Ti. Intermetalik lain dapat memiliki keuletan yang lebih baik dengan memadukannya dengan elemen lain untuk meningkatkan kohesi batas butir. Doping bahan lain seperti boron untuk meningkatkan kohesi batas butir dapat meningkatkan kekuatan banyak intermetalik. Mereka sering menawarkan kompromi antara sifat keramik dan logam ketika kekerasan dan / atau ketahanan suhu tinggi cukup penting untuk mengorbankan kekuatan dan kemudahan penggunaan. Mereka juga dapat memiliki sifat magnetik dan kimia yang diinginkan karena susunan internal yang kuat dan ikatan campuran (logam dan kovalen/ionik). Intermetalik telah menghasilkan berbagai pengembangan material baru.

Beberapa contohnya termasuk bahan penyimpanan hidrogen untuk baterai alnico dan nikel logam hidrida. Ni3Al, yang merupakan fase pengerasan dari superalloy berbasis nikel yang terkenal, dan berbagai aluminida titanium juga menarik minat dalam aplikasi bilah turbin, di mana yang terakhir ini juga digunakan dalam jumlah yang sangat kecil untuk pemurnian butiran paduan titanium. Silikon yang mengandung silikon intermetalik digunakan sebagai lapisan penghalang dan kontak dalam mikroelektronika.


Disadur dari: en.wikipedia.org