Menggantikan San Siro, Stadion Baru AC Milan dan Inter Milan Menyandang Nuansa Katedral

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

05 Maret 2024, 09.22

Sumber: https://asset.kompas.com/crops/vQxHPg3wnSSn73iNeV3YC7Z6NcE=/207x0:5499x3528/750x500/data/photo/2021/12/22/61c2989ed774b.jpg

Klub sepak bola Italia, AC Milan dan Inter Milan, akan mendapatkan stadion baru yang diberi nama "The Cathedral". Menurut informasi resmi dari kedua klub, Stadion San Siro atau yang dikenal juga sebagai Stadion Giuseppe Meazza akan digantikan oleh Stadion The Cathedral yang dirancang oleh studio arsitek Populous. Proyek ini akan dilakukan secara bertahap dengan target selesai pada tahun 2027.

Stadion baru ini, terinspirasi oleh Katedral Duomo dan Galleria Vittorio Emanuele di Milan, akan dibangun di sebelah Stadion San Siro yang akan dihancurkan. Area ini akan direvitalisasi menjadi distrik pejalan kaki dengan lebih dari 110.000 meter persegi ruang terbuka hijau, sementara tempat parkir mobil akan dipindahkan ke bawah tanah.

Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter Milan

Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter Milan(Dok.Populous)

Stadion The Cathedral akan memiliki kapasitas 60.000 kursi dan bentuk persegi panjang, dengan sirip vertikal yang mengelilinginya. Sirip tersebut akan menopang dinding kaca yang meliputi ruang stadion, yang disebut oleh Populous sebagai "galeri yang diterangi matahari". Di dalam stadion, perancangan akan menekankan suasana yang lebih intim dengan penempatan penonton yang dekat dengan lapangan.

Selain itu, stadion ini akan dilengkapi dengan panel fotovoltaik dan sistem pengumpulan air hujan dari atap untuk digunakan kembali. Tujuan dari pembangunan stadion ini adalah untuk menciptakan rumah yang unik bagi penggemar dan pendukung AC Milan dan Inter Milan, dengan instalasi khusus yang secara dramatis menggabungkan identitas klub ke dalam struktur bangunan.

Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter Milan

Rancangan desain Stadion The Cathedral, stadion baru AC Milan dan Inter Milan(Dok.Populous)

Bagi Inter Milan, stadion ini akan menampilkan motif ular berbisa dengan cahaya biru yang melingkar di bagian dalamnya, sementara untuk AC Milan, penopang vertikal akan memancarkan warna merah yang membara dari dalam struktur bangunan. The Cathedral juga akan menjadi stadion paling ramah lingkungan di Eropa, dengan pendinginan dan pemanasan alami serta penggunaan panel fotovoltaik untuk menghasilkan listrik yang disimpan di bank baterai.

Semua air hujan yang terkumpul dari atap akan dimanfaatkan kembali, dan stadion ini akan dikelilingi oleh 22 hektar ruang hijau untuk mengurangi limpasan air dan mengurangi efek 'pulau panas'. Selain itu, seluruh distrik akan terhubung ke sistem pemanas dan pendingin sentral.

 

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/22/130000521/gantikan-san-siro-stadion-baru-ac-milan-dan-inter-milan-ini