Mengenal Tentang Ilmu Farmasi

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

16 April 2024, 08.23

Sumber: pexels.com

Farmasetika adalah disiplin ilmu farmasi yang berhubungan dengan proses mengubah New Chemical Entity (NCE) atau obat lama menjadi obat yang dapat digunakan secara aman dan efektif oleh pasien. Farmasetika membantu menghubungkan formulasi obat dengan pengiriman dan disposisi dalam tubuh.Farmasetika berhubungan dengan formulasi bahan obat murni ke dalam bentuk sediaan.

Deskripsi
Farmasetika adalah disiplin ilmu farmasi yang berhubungan dengan proses mengubah New Chemical Entity (NCE) atau obat lama menjadi obat yang dapat digunakan secara aman dan efektif oleh pasien. Ini juga disebut ilmu desain bentuk sediaan. Ada banyak bahan kimia yang memiliki sifat farmakologis, tetapi membutuhkan tindakan khusus untuk membantu mereka mencapai jumlah yang relevan secara terapeutik di tempat kerjanya. Farmasetika membantu menghubungkan formulasi obat dengan pengiriman dan disposisi dalam tubuh.

Cabang-cabang
Cabang-cabang farmasi meliputi:

  • Formulasi farmasi
  • Manufaktur farmasi
  • Farmasi pengeluaran
  • Teknologi farmasi
  • Farmasi fisik
  • Yurisprudensi farmasi

Sejarah
Farmasetika berhubungan dengan formulasi bahan obat murni ke dalam bentuk sediaan. Zat obat murni biasanya berupa bubuk kristal atau amorf berwarna putih. Sebelum munculnya kedokteran sebagai ilmu pengetahuan, adalah hal yang umum bagi apoteker untuk memberikan obat apa adanya. Sebagian besar obat saat ini diberikan sebagai bagian dari bentuk sediaan. Kinerja klinis obat tergantung pada bentuk penyajiannya kepada pasien.

Pendidikan
Farmasetika adalah spesialisasi di bidang farmasi. Biasanya, lulusan Pharm-D dapat memilih untuk melanjutkan studi di bidang ini menuju gelar PhD.

Disadur dari: en.wikipedia.org