Mengenal Siam Cement Group

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

19 April 2024, 09.24

Sumber: pexels.com

Siam Cement Public Company Limited (SCG; SET: SCC) adalah perusahaan semen dan bahan bangunan terbesar dan tertua di Thailand dan Asia Tenggara. Pada tahun 2016, SCG juga menduduki peringkat kedua sebagai perusahaan terbesar di Thailand dan perusahaan publik terbesar ke-604 di dunia versi Forbes. Perusahaan ini terdaftar di SET50 dan SETHD serta menjadi tolok ukur industri. Pemegang saham utama perusahaan adalah Raja Vajiralongkorn, yang memiliki 30 persen saham Siam Cement.

Pendapatan konsolidasi mencapai 450 miliar baht (US$14 miliar) pada tahun fiskal 2017: 10Unit semen dan bahan bangunan menyumbang 38 persen; 44 persen dari unit bahan kimia; dan 18 persen dari unit pengemasan: 11Pada tahun 2016, SCG menduduki peringkat No. 1 sebagai perusahaan pemberi kerja lulusan terbaik di Thailand yang disurvei oleh Program Magang Asia..

SCG didirikan untuk mendirikan pabrik semen pertama di Bangkok, Thailand melalui keputusan kerajaan Raja Rama VI(Vajiravudh) pada tahun 1913. Sejak saat itu, perusahaan ini telah berekspansi ke berbagai bisnis dengan tiga unit bisnis inti: SCG Bahan Bangunan Semen; SCG Bahan Kimia; dan SCG Pengemasan: 1Saat ini, SCG banyak menginvestasikan perusahaannya di wilayah Asia Tenggara termasuk bisnis pengemasan di Malaysia, kompleks petrokimia di Vietnam, dan banyak pabrik semen di sekitar wilayah tersebut.

SCG mempekerjakan sekitar 54.000 karyawan. Produknya dipasarkan di dalam negeri dan diekspor ke seluruh wilayah di dunia. Cementhai Holding Co, Ltd mengawasi investasi SCG di berbagai bisnis. Sebagian besar merupakan usaha patungan dengan perusahaan internasional, misalnya Kubota, Yamato Kogyo, Aisin Takaoka Group, Nippon Steel, Toyota Motor, Michelin, Hayes Lemmerz, Siam Mitsui, dan perusahaan Dow Chemical.

Penelitian dan pengembangan
SCG menekankan penelitian dan pengembangan. Pada tahun 2016, pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan adalah satu persen dari penjualan dan produk bernilai tambah menyumbang lebih dari 35 persen dari penjualan: 11 Pada tahun 2017, produk HVA menyumbang hampir 40 persen dari penjualan.
Siam Research and Innovation Company Limited melakukan penelitian dan pengembangan produk dan layanan baru yang berkaitan dengan semen, mortar, beton, bahan bangunan, pencetakan 3D, prefabrikasi, agregat daur ulang, dan tahan api.

Pada tahun 2014, SCG Chemicals mengakuisisi 51 persen saham Norner untuk mengembangkan teknologi plastik dan polimer. Pada tahun 2017, SCG menerima penghargaan "Asia IP Elite 2016" selama tiga tahun berturut-turut. Penghargaan ini diberikan oleh Intellectual Asset Management (IAM), sebuah majalah terkemuka dalam manajemen strategis kekayaan intelektual.

Sponsor
Siam Cement Group adalah sponsor acara sepak bola, bulu tangkis, dan golf di Thailand dan Asia Tenggara.

Disadur dari: en.wikipedia.org