Mengenal PT Timah Tbk

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

23 Februari 2024, 20.22

Kantor PT Timah di Pangkalpinang - Wikipedia

PT Timah Tbk, sebagai bagian dari MIND ID, fokus pada sektor pertambangan, termasuk timah, batu bara, dan nikel. Perusahaan ini memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) seluas 45.009 hektar di Riau dan Bangka Belitung hingga akhir 2021, dengan cadangan timah sekitar 300.000 ton. Untuk mendukung operasionalnya, PT Timah Tbk memiliki kantor perwakilan di Jakarta.

Sejak tahun 1996, PT Timah Tbk telah menggunakan teknologi modern seperti Global Positioning System (GPS) dalam eksplorasi. Peralatan ini, bersama dengan tes laboratorium, membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi pemetaan dan pengukuran. Data dari eksplorasi ini digunakan untuk membuat peta geologis tinggi akurasi, memudahkan kegiatan pertambangan yang sistematis.

Perusahaan juga beroperasi dalam penambangan lepas pantai dengan armada kapal keruk yang dapat beroperasi pada kedalaman 15 hingga 50 meter di bawah permukaan laut. Armada ini mampu menggali lebih dari 3,5 juta meter kubik material setiap bulan. Proses produksi bijih timah dari kapal keruk melibatkan instalasi pencucian untuk mencapai kadar minimal 30% Sn sebelum diangkut ke Pusat Pengolahan Bijih Timah (PPBT).

Sementara produksi penambangan darat melibatkan mitra usaha yang menjalankan kontrak dengan PT Timah Tbk. Hingga 80% dari produksi perusahaan berasal dari penambangan di darat, dengan kapasitas yang bervariasi. Proses penambangan timah alluvial menggunakan pompa semprot (gravel pump) dan berdasarkan perencanaan yang diberikan oleh perusahaan.

Untuk meningkatkan kadar bijih timah, perusahaan memiliki Pusat Pencucian Bijih Timah (Washing Plant). Proses ini meningkatkan kadar Sn dari 20–30% menjadi 72%, memenuhi persyaratan peleburan. Setelah itu, perusahaan mengoperasikan 12 tanur untuk melebur bijih timah menjadi logam timah. Produk akhir berupa logam timah dengan kadar tinggi dan sedikit pengotor.

Kegiatan pemasaran melibatkan penjualan dan distribusi logam timah, dimana sekitar 95% diekspor ke pasar luar negeri, termasuk Asia Pasifik, Eropa, Amerika, dan Kanada. Sementara 5% digunakan untuk memenuhi pasar domestik. Produk yang dihasilkan juga dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan dan memiliki merek dagang terdaftar di London Metal Exchange (LME).

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Timah_(perusahaan)