Mengenal PT Sampoerna

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 03.10

Kantor pusat lama Sampoerna - Wikipedia

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk, juga dikenal sebagai PT HM Sampoerna Tbk, adalah perusahaan rokok yang berbasis di Surabaya. Kantor pusat perusahaan berada di Surabaya, Jawa Timur, dan merupakan salah satu yang terbesar dan pemimpin pasar dalam industri rokok di negara ini. Keluarga Sampoerna sebelumnya memiliki perusahaan ini. Namun, pada Mei 2005, sebagian besar kepemilikan beralih ke Philip Morris International, perusahaan rokok terbesar di dunia di Amerika Serikat, mengakhiri tradisi lebih dari sembilan puluh tahun.

Lim Seeng Tee, seorang imigran Tiongkok dari Fujian, Tiongkok, bersama istrinya Siem Tjiang Nio, mulai menjajakan rokok kecil-kecilan di warung mereka di Ngaglik, Surabaya, pada tahun 1912. Saat itu, Lim sudah memiliki pengalaman dalam meracik dan melinting rokok setelah bekerja di sebuah pabrik rokok di Lamongan. Untuk mengesahkan bisnisnya, Liem memulai produksi rokok secara komersial dalam wadah Handel Maatschappij Liem Seeng Tee pada tahun 1913. Produk pertama yang dibuat adalah kretek yang dilinting dengan tangan di Surabaya. Setelah itu, rokok kretek ini disebut "Dji Sam Soe" (234, jika dijumlahkan menjadi 9, "angka keberuntungan" Liem). Kemasan Dji Sam Soe, yang telah digunakan sejak 1914, tampaknya tidak pernah diubah hingga tahun 2000.

Usaha "Pabrik Rokok Liem Seeng Tee" (juga dikenal sebagai Sigaretten Fabriek Liem Seeng Tee) awalnya menghadapi masalah seperti kebakaran warung mereka yang menghancurkan bisnis rokok pada tahun 1916. Namun, setelah membeli pabrik rokok yang hampir bangkrut dengan tabungan Siem, Liem kembali ke industri rokok setelah 5 tahun berusaha meracik resep rokok yang tepat untuk menarik pelanggan dengan bantuan istrinya. Perusahaan milik Liem kemudian menggunakan resep ini untuk produk utamanya, Dji Sam Soe. Belakangan, perusahaannya juga menjual merek seperti 123, 77, 720, 678, dan Djangan Lawan.

Putra Liem, Aga Sampoerna, mengambil alih PT HM Sampoerna dalam keadaan sulit seperti itu dan mengembalikannya dengan manajemen yang lebih baik. Setelah saudaranya, Liem Swie Hwa (Adi Sampoerna), meminta bantuan untuk bisnis keluarga yang sedang gulung tikar, Aga bergabung. Sebelum ini, Aga telah memulai bisnisnya sendiri di bidang rokok dengan nama "Panamas" melalui PT Handel Maatschappij Sampoerna, yang didirikan pada 19 Oktober 1963 dan berbasis di Bali. Kemudian, Aga mulai dari nol, fokus pada bisnis Sampoerna meskipun ia sudah memiliki usaha sendiri sebelumnya.

Dji Sam Soe terkenal kembali membantu Aga mengembangkan bisnis Sampoerna. Puluhan tahun kemudian, PT HM Sampoerna memiliki 1.200 pekerja dan memproduksi 1,3 juta batang per hari. Aga percaya bahwa perusahaan harus menjual semua rokoknya segera. Oleh karena itu, terlepas dari semua upaya, rokok Sampoerna menjual 2,5 juta batang setiap hari dan menghasilkan keuntungan sebesar $250.000 setiap bulan. Perusahaan juga mengeluarkan produk keduanya, Sampoerna Hijau, pada tahun 1979. Belakangan, ada juga Sampoerna A Djingga dan 234 Filter. Walaupun demikian, saat itu Sampoerna masih dianggap "kalah" dibandingkan produsen lain seperti Gudang Garam dan Djarum. Ini mungkin karena kekurangan pemasarannya. Di awal 1980-an, pabrik Sampoerna di Bali, Malang, dan Surabaya mempekerjakan 7.000 orang.

Di tahun 1977, Aga mulai mempersiapkan anak bungsunya, Putera Sampoerna. Putera Sampoerna bekerja untuk dua perusahaan rokok keluarga, PT Handel Maatschappij Sampoerna dan PT Perusahaan Dagang dan Industri Panamas. Setelah itu, Putera melakukan banyak terobosan dan modernisasi di berbagai industri. Salah satunya adalah membangun pabrik baru seluas 153 hektar yang memproduksi rokok secara terpadu dan modern serta membeli tembakau langsung dari petani. Untuk memenuhi permintaan perusahaan, tembakau ini kemudian dikelola dengan cara yang berbeda. Mereka disimpan di beberapa gudang baru dan pusat distribusi yang baru dibangun. Setelah itu, perusahaan rokok Sampoerna di Surabaya sendiri berkonsentrasi pada pembuatan rokok dengan mesin di Rungkut, sedangkan Taman Sampoerna berkonsentrasi pada pembuatan rokok tangan.

Kemudian Putera dan Aga memperluas bisnis keluarga Sampoerna ke bidang seperti transportasi, percetakan, periklanan, dan perdagangan. Dilaporkan bahwa Sampoerna juga memiliki Sampoerna Bank, saham di supermarket Alfa, dan berniat memasuki industri mebel. Selain itu, Putera berusaha membangun sistem keagenan dan distribusi yang lebih intensif dan membeli mesin produksi kretek baru. Sampoerna sekarang menjual produknya sendiri daripada bergantung pada agen seperti sebelumnya. Rokok bernikotin rendah A Mild, yang diluncurkan sebagai modernisasi, adalah salah satu terobosan besar tahun 1989. Selain itu, pengembangan bisnis dilakukan melalui kerjasama dengan perusahaan besar dan ekspor ke Malaysia, Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Brasil. Untuk membuat rokok Salem di Indonesia, mereka bekerja sama dengan R. J. Reynolds Tobacco Company di Amerika Serikat. Sejak tahun 1986, Putera didapuk sebagai pimpinan Sampoerna menggantikan Aga, tetapi beberapa langkah Putera tidak berhasil. Misalnya, kegagalan perbankan Sampoerna Bank hampir memaksanya untuk menutup semua lini bisnis non-rokoknya, tetapi akhirnya tidak terjadi.

Keluarga Sampoerna melakukan reorganisasi bisnis rokok mereka pada Oktober 1988. PT Handel Maatschappij Sampoerna diambil alih oleh PT Perusahaan Dagang dan Industri Panamas, yang memiliki semua aset, operasi, dan merek (seperti Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau). Di waktu yang sama, PT PD dan Industri Panamas berganti nama menjadi PT Hanjaya Mandala Sampoerna. Pada 8 Juli 1989, perusahaan baru yang bernama sama, PT Perusahaan Dagang dan Industri Panamas, didirikan sebagai anak usaha HM Sampoerna di bidang distribusi. Melanjutkan, PT Hanjaya Mandala (HM) Sampoerna menjadi perusahaan publik pada 15 Agustus 1990 dengan melepas 27 juta saham, atau 15 persen dari total sahamnya, di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya dengan harga penawaran Rp 12.600 per lembar.

Di tahun 1990, PT HM Sampoerna mempekerjakan 20.000 orang. Setahun kemudian, produksi rokok Sampoerna meningkat menjadi 64 juta batang per minggu—naik dari 21 juta batang per minggu pada 1980. Putera kemudian menggunakan wafatnya Aga Sampoerna pada tahun 1994 untuk mempekerjakan orang-orang yang tidak terlibat dengan Sampoerna untuk memimpin perusahaan dan mencapai visinya untuknya. Kapasitas Sampoerna untuk memproduksi rokok 170 juta batang per minggu pada tahun 1995-1996 naik menjadi 660 juta, dengan dukungan dari empat belas mesin produksi dan dua puluh satu mesin pengemasan. Selama periode ini, Sampoerna baru bisa menjadi salah satu pemain yang mulai dikenal, mengungguli pabrikan seperti Bentoel dan Djarum, dan menjadi salah satu perusahaan rokok paling menguntungkan di Indonesia, bersaing dengan pesaingnya. Selain itu, putra Putera, Michael Sampoerna, masuk ke jajaran direksi dan menjabat sebagai CEO pada tahun 2000. Produksi rokok Sampoerna mencapai 41,2 miliar batang dan keuntungan 15 miliar rupiah pada tahun 2004. Ini mewakili 19,4 persen dari pasar rokok nasional. Promosi kreatif juga dilakukan di bawah dan di atas meja untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Philip Morris International (PMI) mengakuisisi Philip Morris pada 15 Maret 2005, mengukuhkan posisi Philip Morris di pasar rokok global dengan nilai transaksi diperkirakan US$ 5,2 miliar. Setelah penjualan Sampoerna kepada Putera Sampoerna, kondisi keuangan Sampoerna menjadi lebih baik. Setelah penjualan, Putera memperoleh dana sebesar Rp 18,5 triliun untuk berinvestasi dalam bisnis baru yang berbeda dari bisnis rokok sebelumnya, dengan fokus pada agroindustri di bawah Sampoerna Strategic Group. Pada 18 Mei 2005, kepemilikan PMI perusahaan ini mencapai 97% setelah hanya membeli 40% saham Putera melalui tender offer.

Sumber:

https://id.wikipedia.org