Mengenal OCC Manggarai, Terbesar di Asia Tenggara

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

23 Februari 2024, 14.48

Penumpang Kereta Commuter Line menunggu kereta di Stasiun Jatinegara Baru, Jakarta - Republika.co.id

Operation Control Centre (OCC) Manggarai adalah suatu pencapaian teknologi yang luar biasa di dunia perkeretaapian, menempatkan Jakarta sebagai pusat inovasi yang mampu bersaing di tingkat global. Dalam proyek ambisius APBN Double-Double Track (DDT) Paket A Fase 1, Manggarai-Jatinegara, OCC Manggarai menjadi bintangnya, dikerjakan oleh PT Len Industri dan PT Len Railway Systems (LRS). Pada proyek ini, DJKA memberikan kepercayaan kepada PT Len Industri dan PT Len Railway Systems (anak perusahaan) sebagai kontraktor pelaksana untuk menyelenggarakan pengembangan sistem persinyalan, yang akan dioperasikan oleh PT KAI selaku operator.

Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT Len Industri (Persero), menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh DJKA Kementerian Perhubungan kepada Len. Kesuksesan pelaksanaan switch over OCC Manggarai, yang resmi dioperasikan sejak 14 Januari 2021 pukul 00.00 WIB, menjadi tonggak penting dalam proyek ini.

Bukan sembarang pusat kontrol, OCC Manggarai diakui sebagai yang terbesar dan paling canggih di Asia Tenggara. Sebagai otak yang mengatur semua pergerakan kereta, sistem ini menggunakan teknologi Centralized Traffic Supervised (CTS) untuk memastikan seluruh jadwal perjalanan kereta di Daop 1 Jakarta sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Pentingnya OCC Manggarai tidak hanya terletak pada kompleksitas teknisnya, tetapi juga pada perannya sebagai jawaban atas tantangan mobilitas perkotaan. Jakarta sebagai pusat transportasi memerlukan solusi pintar untuk mengatasi kemacetan dan meningkatkan efisiensi perjalanan kereta. Dalam hal ini, OCC Manggarai berperan sebagai solusi terkini yang mampu menyupervisi dan mengoptimalkan seluruh sistem perkeretaapian di Jakarta.

Keberhasilan switch over OCC Manggarai pada 14 Januari 2021, menciptakan tonggak bersejarah dalam perkembangan transportasi kereta api di Indonesia. Proyek ini juga mencerminkan kolaborasi kuat antara Len Industri, LRS, dan Kementerian Perhubungan, yang telah melibatkan diri dalam pembangunan dan pengembangan sistem perkeretaapian selama puluhan tahun.

OCC Manggarai bukan hanya sebuah pusat kontrol; ia adalah simbol kemajuan teknologi Indonesia dalam menghadapi tantangan perkembangan perkotaan. Dengan menggabungkan kecanggihan teknologi dan pengalaman panjang, OCC Manggarai membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional, tetapi juga mampu menjadi pemain utama di kancah global dalam hal inovasi dan teknologi transportasi.

Disadur dari: https://ekonomi.republika.co.id/berita/qn69g2370/terbesar-di-asia-tenggara-occ-manggarai-resmi-beroperasi?