Mengenal International Council on Systems Engineering

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

24 April 2024, 08.53

Sumber: wikipedia.en

International Council on Systems Engineering

International Council on Systems Engineering (INCOSE; diucapkan in-co-see) adalah organisasi keanggotaan nirlaba dan masyarakat profesional di bidang rekayasa sistem dengan sekitar 17.000 anggota termasuk anggota perorangan, perusahaan, dan mahasiswa. Kegiatan utama INCOSE meliputi konferensi, publikasi, cabang lokal, sertifikasi, dan kelompok kerja teknis.

Simposium Internasional INCOSE biasanya diadakan pada bulan Juli, dan Lokakarya Internasional INCOSE diadakan di Amerika Serikat pada bulan Januari.Saat ini, terdapat sekitar 70 cabang INCOSE lokal di seluruh dunia dengan sebagian besar cabang di luar Amerika Serikat mewakili seluruh negara, sedangkan cabang di Amerika Serikat mewakili kota atau wilayah.

INCOSE mengorganisir sekitar 50 kelompok kerja teknis dengan keanggotaan internasional, yang bertujuan untuk kolaborasi dan pembuatan produk INCOSE, baik cetak maupun online, di bidang rekayasa sistem. Ada kelompok kerja untuk topik-topik dalam praktik rekayasa sistem, rekayasa sistem dalam industri tertentu dan hubungan rekayasa sistem dengan disiplin ilmu terkait lainnya.

INCOSE menerbitkan dua terbitan berkala utama: jurnal, dan majalah praktisi, serta sejumlah karya yang diterbitkan secara individu, termasuk INCOSE Handbook. Bekerjasama dengan IEEE Computer Society dan Systems Engineering Research Council (SERC), INCOSE menerbitkan dan mengelola Systems Engineering Book of Knowledge (SEBoK) secara daring,[7] referensi bergaya wiki yang terbuka untuk kontribusi dari siapa pun, tetapi dengan konten yang dikontrol dan dikelola oleh dewan redaksi.

INCOSE mensertifikasi insinyur sistem melalui proses sertifikasi tiga tingkat, yang membutuhkan kombinasi pendidikan, pengalaman bertahun-tahun, dan lulus ujian berdasarkan Buku Pegangan Rekayasa Sistem INCOSE.INCOSE adalah organisasi anggota dari Federation of Enterprise Architecture Professional Organizations (FEAPO), sebuah asosiasi organisasi profesional di seluruh dunia yang dibentuk untuk memajukan disiplin Enterprise Architecture.

Tujuan

Visi yang dinyatakan oleh INCOSE adalah "Dunia yang lebih baik melalui pendekatan sistem" dan misinya adalah "Untuk mengatasi tantangan sosial dan teknis yang kompleks dengan memungkinkan, mempromosikan, dan memajukan rekayasa sistem dan pendekatan sistem."Tujuan organisasi difokuskan pada penciptaan dan penyebaran informasi rekayasa sistem, mendorong kolaborasi internasional, dan memajukan profesi rekayasa sistem.

Publikasi

  • Buku Panduan Rekayasa Sistem INCOSE
  • Rekayasa Sistem
  • Jurnal Praktisi INSIGHT
  • Buku Panduan Metrik untuk Pengembangan Sistem dan Produk Terpadu
  • Basis data publikasi I-pub
  • Basis Data Alat Rekayasa Sistem

Standar
Dewan Internasional INCOSE untuk Komite Teknis Standar Rekayasa Sistem (STC) bekerja untuk memajukan dan menyelaraskan standar rekayasa sistem yang digunakan di seluruh dunia. Beberapa standar penting yang telah dilibatkan oleh STC adalah:

  • ECSS-E-10 Rekayasa Ruang Angkasa - Rekayasa Sistem Bagian 1B: Persyaratan dan proses, 18 November 2004
  • ECSS-E-10 Space Engineering - Rekayasa Sistem Bagian 6A: Spesifikasi fungsional dan teknis, 09 Jan 2004
  • ECSS-E-10 Rekayasa Ruang Angkasa - Rekayasa Sistem Bagian 7A: Pertukaran data produk, 25 Agustus 2004
  • ISO/IEC/IEEE 15288: 2015 - Proses Siklus Hidup Sistem dan Perangkat Lunak
  • Bahasa Pemodelan Sistem OMG (OMG SysML), Juli 2006

Penghargaan yang diberikan

  • INCOSE Pioneer Award: penghargaan tahunan untuk orang-orang yang telah memberikan kontribusi perintis yang signifikan dalam bidang Rekayasa Sistem

Disadur dari: en.wikipedia.org