Mengenal Ilmu Petrologi, Cabang Ilmu Geologi

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Maret 2024, 10.27

Bagian tipis butiran pasir vulkanik terlihat di bawah mikroskop - Wikipedia

Cabang ilmu geologi yang dikenal sebagai petrologi mempelajari kondisi pembentukan batuan. Tiga jenis petrologi berbeda: petrologi beku, metamorf, dan sedimen. Petrologi beku dan metamorf biasanya diajarkan bersama karena keduanya menggunakan ilmu kimia, metode kimia, dan diagram fase. Petrologi sedimen, di sisi lain, biasanya diajarkan bersama dengan stratigrafi karena berkaitan dengan proses pembentukan batuan sedimen. Saat ini, petrologi sedimen semakin banyak menggunakan bahan kimia.

Di masa lalu, litologi dan petrografi hampir sama, tetapi keduanya digunakan saat ini dengan fokus pada sampel batuan makroskopis atau skala singkapan, sedangkan litologi berfokus pada detail mikroskopis.

Dalam industri perminyakan, litologi, atau logging lumpur, adalah representasi visual dari formasi geologi yang dibor dan digambar pada sebuah log. Saat stek diedarkan keluar dari lubang bor, sampel stek diambil, diperiksa (biasanya di bawah mikroskop 10×), dan, jika diperlukan, diuji secara kimia.

Ahli petrologi menggunakan bidang mineralogi, petrografi, mineralogi optik, dan analisis kimia untuk menggambarkan komposisi dan tekstur batuan. Mereka juga menggunakan prinsip-prinsip geokimia dan geofisika dengan mempelajari tren dan siklus geokimia serta menggunakan data dan eksperimen termodinamika untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang asal usul batuan.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Petrology