Mengenal Bentoel Group

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 03.13

Logo Bentoel Group - Wikipedia

PT Bentoel Internasional Investama, juga dikenal sebagai Bentoel Group, adalah salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, dengan kantor pusat di Jakarta dan sebagian besar operasinya di Malang. British American Tobacco adalah pemilik perusahaan rokok internasional.

Dalam kenyataannya, perusahaan asli Bentoel bukanlah PT Bentoel Internasional Investama, yang saat ini dikenal sebagai perusahaan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1987 dan diberi nama PT Rimba Niaga Idola. PT Bentoel Internasional Investama baru mulai bermain dalam industri rokok ketika mengakuisisi PT Bentoel Prima, penerus dari Bentoel yang asli sejak 1930, pada tahun 2000. PT Bentoel Prima kemudian menjadi anak usaha PT Bentoel Internasional Investama, yang sekarang menjadi perusahaan induk dari Bentoel Prima dan Bentoel Distribusi Utama.

PT Perusahaan Rokok Tjap Bentoel dan PT Bentoel Prima

Perusahaan ini pertama kali didirikan sebagai "Strootjes Fabriek Ong Hok Liong", sebuah pabrik rokok kecil di Malang pada 10 September 1930. Pada tahun 1951, pabrik rokok berganti nama menjadi NV Pertjetakan Hien An (atau Hien An Kongsie), dan pada tahun 1954, namanya berubah menjadi PT Perusahaan Rokok Tjap Bentoel. Ong mendirikan perusahaan rokoknya sebagai bisnis rumahan yang dibuat dengan tangan dan dijajakan sendiri dengan bantuan tetangganya, Tjoa Sio Bian. Dengan pabriknya, Ong telah mendirikan banyak merek sebelum mendirikan Bentoel, seperti Gendang, Kelabang, Lampu, Turki, dan Djeruk Manis, tetapi semuanya gagal dan tidak berhasil. Namun, ketika ia berziarah ke Gunung Kawi pada tahun 1935, juru kunci makam keramat yang sering ia kunjungi, makam Mbah Djoego (EYD: Jugo), sepertinya memberinya saran. Juru kunci itu mengatakan bahwa Ong, yang sering bermimpi bentul (talas belitung), akan sukses jika nama dan merek perusahaan diubah menjadi bentul (ejaan lama: Bentoel). Sulit untuk dipercaya, tetapi bisnis Ong akhirnya berhasil, dan sejak tahun 1935, merek Bentoel terus dipertahankan.

Setelah bisnis Ong berhenti setelah Jepang masuk ke Indonesia, ia kemudian berkembang dengan 3.000 karyawan pada tahun 1950 dan menambah pabriknya di Blitar. Karena masalah ketenagakerjaan, Bentoel Group menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang membuat rokok kretek filter buatan mesin dan membungkus kotak rokoknya dengan plastik pada akhir tahun 60-an. Innovasi ini kemudian menjadi standar industri tembakau nasional. Pada 1970-an, Bentoel menjadi nomor tiga di industri rokok nasional. Selain itu, perusahaan ini berusaha untuk berkembang dengan mendirikan sarana, anak usaha, dan mendapatkan pinjaman dari berbagai bank. Saat ini, banyak keluarga dan keturunan Ong memiliki saham PR Tjap Bentoel.

PT Perusahaan Rokok Tjap Bentoel menghadapi masalah pada akhir 1980-an ketika perusahaan kretek ini tidak dapat membayar pinjamannya senilai US$ 170 juta ke BRI dan Bank Bumi Daya. Masalah ini baru terungkap pada September 1991 dan menjadi topik pemberitaan di banyak media. Memasuki tahun itu, Bentoel menghadapi krisis likuiditas dan hutang ke kreditor asing telah melonjak menjadi US$ 350 juta. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa masalah ini disebabkan oleh devaluasi mata uang pemerintah, atau konflik keluarga pemilik. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa Budhiwijaya Kusumanegara, Presiden Direktur Bentoel pada saat itu—yang merupakan generasi ketiga keturunan Ong Hok Liong—tidak berhasil mengelola salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia. Ada tuduhan bahwa Budhiwijaya menyelewengkan pinjaman itu untuk kepentingannya sendiri.

Dalam upaya Rajawali untuk memprofesionalisasikan manajemen perusahaan, yang sebelumnya dimiliki keluarga Ong selama 60 tahun, mereka mendirikan PT Bentoel Prima. PT Bentoel Prima didirikan pada tahun 1997 dengan aset PT PR Tjap Bentoel yang diserahkan kepadanya. Peter secara langsung bernegosiasi dengan para kreditor untuk memungkinkan bisnis ini berjalan dan berusaha menyelesaikan 21 masalah dan kerugian yang menimpa Bentoel untuk mendukung rencananya. Hasilnya, PT Bentoel Prima tidak melakukan PHK sejak 24 Maret 1997, melepaskan banyak hutang lamanya. Di tahun 1999, perusahaan sudah bisa mendapatkan untung.

Pada tahun 2000, Bentoel Prima masih merupakan perusahaan non-publik dan tertutup. Namun, pada tahun itu, PT Bentoel Prima berhasil masuk ke bursa saham melalui mekanisme backdoor listing. Akibatnya, struktur kepemilikan Bentoel Prima berubah. Pada awalnya dimiliki secara langsung oleh PT Rajawali Corporation, perusahaan ini kemudian beralih ke perusahaan lain bernama PT Transindo Multi Prima Tbk, yang kemudian berganti nama menjadi PT Bentoel Internasional Investama Tbk pada tahun 2000, dan terus beroperasi sampai sekarang. Namun, peristiwa ini tidak banyak mengubah kepemilikan perusahaan karena Rajawali (Peter Sondakh) tetap menjadi pemegang saham utama di PT Bentoel Prima, yang kemudian dibeli oleh British American Tobacco pada tahun 2009. Dengan kata lain, kepemilikan yang berubah berasal dari perusahaan induknya, bukan dari pabriknya secara langsung.

PT Bentoel Internasional Investama

Sebenarnya, PT Bentoel Internasional Investama hanyalah perusahaan induk dari Bentoel Prima, dan bukan perusahaan yang memproduksi rokok secara langsung. PT Rimba Niaga Idola adalah nama PT Bentoel Internasional, yang didirikan pada 11 April 1987, dan mulai beroperasi pada tahun 1989. Sebelum menjadi PT, bisnisnya bernama CV Rimba Niaga dan didirikan pada 19 Januari 1979 dengan tujuan mengumpulkan, mengolah, dan memproses rotan mentah untuk keperluan industri dan ekspor di Samarinda, Kalimantan Timur. Kemudian, setelah diubah menjadi PT dan diberi nama baru, kantor pusatnya pindah ke Jakarta, dan bisnisnya berkembang menjadi furnitur yang terbuat dari rotan dan kayu. PT Rimba berdiri pada 5 Maret 1990, setelah tiga tahun berdiri, resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dengan harga Rp 3.800/saham. PT Bentoel Internasional Investama masih menggunakan kode saham RMBA hingga saat ini.

Sumber:

https://id.wikipedia.org