Mengemuka: Industri Farmasi dan Alat Kesehatan Menuju Era Industri 4.0

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

17 April 2024, 07.55

Sumber: kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menetapkan industri farmasi dan alat kesehatan sebagai kawasan strategis penerapan Industri 4.0. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, karena kepentingan strategis sektor medis di masa pandemi COVID-19, industri terpaksa mengadopsi Industri 4.0. 

Oleh karena itu, pemerintah berupaya keras meningkatkan daya saing alat kesehatan dan industri kesehatan dengan mendorong teknologi digital. “Pemanfaatan teknologi digital mulai dari tahap produksi hingga distribusi ke konsumen,” ujarnya. Hal itu diungkapkannya pada acara Hannover Messe 2021, Rabu (14 April 2021).

Untuk mengetahui kesiapan sektor-sektor tersebut dalam melaksanakan peta jalan Making Indonesia 4.0, Kementerian Keuangan, Industri, dan Energi melakukan penilaian Indeks Indonesia Siap Industri 4.0 (INDI 4.0). 

Sementara itu, Kepala Kementerian Kesehatan dan Alat Kesehatan Arianti Anaya mengatakan pihaknya telah membuat peta jalan untuk mempercepat pengembangan industri kesehatan dan alat kesehatan menuju Industri 4.0. Proyek Indonesia 4.0 dipimpin oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

“Guna mewujudkan peta jalan tersebut, dibutuhkan sinergi antara stakeholders guna meningkatkan kapabilitas dari pabrik untuk memproduksi alat kesehatan yang diperlukan,” ujarnya.

Sumber: money.kompas.com