Mengeksplorasi Peluang Emas: Studi di Jazirah Arab dengan Beasiswa LPDP untuk Mendalami Ilmu Perminyakan

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

22 Juni 2024, 09.09

Sumber: pexels.com

Pelamar beasiswa LPDP 2024 tak hanya diberi pilihan untuk kuliah di kampus Eropa atau Amerika Serikat. Pihak LPDP juga membuka kesempatan melanjutkan studi master atau doktor di lembaga pendidikan tinggi di negara kawasan Jazirah Arab.

Negara-negara di Semenanjung Arab yang dikenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia tentu saja punya kampus dengan jurusan teknik perminyakan atau teknik pertambangan terbaik di dunia.

Seperti misalnya, King Fahd University of Petroleum & Minerals tercatat sebagai kampus yang memiliki jurusan perminyakan terbaik ke-4 dan pertambangan terbaik ke-9 dunia versi QS WUR by Subject 2023 bidang Engineering.

Selain itu, pelamar beasiswa LPDP juga bisa memilih jurusan perminyakan yang dimiliki Khalifa University di Uni Emirat Arab yang berlokasi di Abu Dhabi. Kampus ini memiliki jurusan perminyakan terbaik ke-8 dunia.

1. King Abdulaziz University ( KAU )Arab Saudi All Subject

King Abdulaziz University (KAU) didirikan pada tahun 1967 di kota Jeddah tepi Laut Merah sebagai universitas swasta dengan nama pendiri Arab Saudi, Raja Abdul-Aziz Al-Saud.

Namun sejak 1973, KAU bergabung dengan sistem universitas negeri Arab Saudi. Kampus ini menduduki peringkat 251-300 dunia versi Timer Higher Education WUR 2024. Di kampus ini pelamar beasiswa LPDP bisa mendaftar di seluruh jurusan yang membuka program master dan doktor.

2. King Abdullah University of Science and Technology ( KAUST )

Pelamar LPDP bisa memilih jurusan Energy Science & Engineering dan Perminyakan di kampus negeri yang terletak di Kota Thuwal ini. Jurusan perminyakan di kampus ini menduduki peringkat ke-18 dunia.

3. King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM)

Kampus yang terletak di Kota Dhahran ini tercatat memiliki jurusan perminyakan dan pertambangan terbaik di dunia. Pelamar beasiswa LPDP dapat memilih jurusan Engineering - Petroleum serta Mining & Mineral Engineering di universitas yang berdiri pada 1963 ini.

KFUPM juga dikenal sebagai kampus dengan seleksi masuk terketat. Dikutip dari situs THE, universitas ini hanya menerima 10 persen dari total calon mahasiswa yang mendaftar.

4.​​ Khalifa University Uni Emirat Arab

Khalifa University dikenal sebagai salah satu kampus dengan jurusan perminyakan terbaik di dunia dengan peringkat ke-8 versi QS WUR by Subject 2023 bidang Petroleum. Pelamar beasiswa LPDP 2024 diberi kesempatan untuk dapat memperdalam ilmu perminyakan di kampus yang berlokasi di Abu Dhabi itu.

5. The Emirates Academy of Hospitality Management (EAHM) Uni Emirat Arab

Tak hanya bidang perminyakan, calon mahasiswa juga bisa memperdalam ilmu perhotelan di The Emirates Academy of Hospitality Management yang berlokasi di Dubai.

Kampus ini merupakan salah satu institusi pendidikan bidang perhotelan terbaik di dunia. Program Master of International Hospitality Management dengan lama kuliah 1 tahun bisa pelamar beasiswa LPDP pilih di kampus EAHM.

6. Imam Abdulrahman Bin Faisal University Arab Saudi

Kampus ini berdiri pada 1975 dengan nama Dammam University. Kemudian berubah menjadi Imam Abdulrahman Bin Faisal University (IAU) pada 2016, saat kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz ke Dammam.

Universitas ini adalah salah satu universitas tertua di kawasan timur Arab Saudi dan merupakan salah satu kampus dengan jurusan kedokteran terkemuka di negara itu, baik untuk mahasiswa pria maupun wanita.

Sumber: detik.com