Mengeksplorasi Karier sebagai Insinyur Sumber Daya Air: Memahami Tugas, Keterampilan, dan Pertanyaan Umum

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

19 April 2024, 09.53

pexels.com

Apa yang Dilakukan Insinyur Sumber Daya Air? (Dengan Gaji)

Karier sebagai insinyur sumber daya air dapat menunjukkan pentingnya sumber daya ini dan menunjukkan cara mengelola dan melestarikannya. Seorang insinyur sumber daya air mengelola sumber daya air dan lahan di daerah perkotaan dan pedesaan. Memahami tugas dan tanggung jawab pekerjaan mereka dapat membantu Anda menentukan apakah Anda ingin berkarier di profesi yang penuh makna ini. Dalam artikel ini, kami membahas apa yang dilakukan oleh seorang insinyur sumber daya air, keterampilan yang dibutuhkan untuk unggul dalam pekerjaan ini, dan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai karier ini.

Menjawab "Apa yang dilakukan oleh seorang insinyur sumber daya air?"

Sebelum Anda memutuskan untuk berkarier sebagai insinyur sumber daya air, ada baiknya Anda menjawab pertanyaan, "Apa yang dilakukan oleh insinyur sumber daya air?". Para profesional ini biasanya menyelesaikan tugas-tugas berikut ini:

Merancang dan mengawasi pembangunan sistem pasokan air

Seorang insinyur sumber daya air merancang dan mengawasi pembangunan bendungan, waduk, kanal, dan jaringan pipa baru. Mereka juga merancang sistem pasokan air untuk kota-kota besar dan kecil. Seorang insinyur sering kali membuat tata letak sistem yang diusulkan dan menggunakan simulasi komputer untuk mengujinya demi efisiensi.

Mengawasi pembangunan sistem pengolahan limbah

Instalasi pengolahan air limbah mengolah air limbah sebelum kota dengan aman memasukkannya kembali ke dalam pasokan air. Seorang insinyur air limbah biasanya mengawasi desain dan konstruksi instalasi ini, memastikan bahwa mereka menghasilkan limbah yang bersih. Mereka juga memastikan bahwa pabrik beroperasi sesuai dengan peraturan lingkungan.

Melakukan tes lapangan

Sebelum mengerjakan proyek besar apa pun, para insinyur mensurvei lokasi yang diusulkan. Mereka menentukan apakah area tersebut mendukung infrastruktur air, mengidentifikasi kondisi tanah dan geologi yang dapat mempengaruhi kinerja bendungan atau tanggul. Mereka melakukan tes laboratorium pada sampel tanah dari suatu area untuk menguji kontaminan seperti bakteri dan logam berat sebelum pembangunan dimulai.

Mengembangkan rencana untuk mengendalikan sumber daya air

Seorang insinyur sumber daya air mencoba mencegah banjir dengan menggunakan metode seperti bendungan dan tanggul. Mereka bekerja sama dengan perencana masyarakat untuk mengembangkan rencana yang mencegah banjir di sebuah kota. Seorang insinyur sumber daya air mengembangkan rencana untuk mengendalikan aliran air tanah. Sebagai contoh, mereka memastikan bahwa air tanah yang tercemar tidak melimpas ke sungai dan danau di sekitarnya.

Menghitung dampak bendungan dan waduk

Seorang insinyur sumber daya air mempelajari bagaimana perubahan pada habitat air berdampak pada satwa liar dan kehidupan laut, seperti ikan dan rumput laut. Mereka menghitung berapa banyak air yang dapat disimpan oleh bendungan untuk digunakan oleh kota-kota besar dan kecil pada waktu yang berbeda sepanjang tahun. Insinyur juga menghitung jumlah ruang waduk yang dibutuhkan untuk memasok air minum bagi sebuah kota.

Mengembangkan model komputer

Seorang insinyur sumber daya air mengembangkan model komputer yang kompleks berdasarkan studi lingkungan dan data cuaca. Model-model ini membantu badan-badan pemerintah merencanakan pertumbuhan masa depan di berbagai bidang seperti jumlah penduduk, produksi pertanian, dan urbanisasi. Mereka juga menggunakan model prediktif ini untuk menentukan kebijakan yang berkaitan dengan konservasi agar kegiatan yang merusak tidak terjadi.

Mengembangkan sistem untuk melindungi sumber daya air selama badai

Insinyur yang bekerja dalam kapasitas ini membantu kota-kota besar dan kecil mengembangkan sistem pengelolaan air hujan yang membantu mencegah limpasan air yang tercemar masuk ke sungai atau danau di bagian hilir. Jenis pekerjaan ini mengharuskan para insinyur untuk mempelajari proses alami seperti erosi, dan proses yang diinduksi seperti polusi industri oleh bahan kimia. Tujuannya adalah untuk selalu menyeimbangkan perlindungan lingkungan dengan kepentingan industri.

​​​Meneliti cara-cara untuk meningkatkan pasokan air atau menghemat air

Seorang insinyur sumber daya air meneliti metode baru untuk memasok air minum bagi populasi yang terus bertambah di daerah perkotaan. Misalnya, mereka mempelajari berapa banyak curah hujan yang diharapkan sebuah kota pada waktu yang berbeda dalam setahun dan menentukan apakah cukup air tawar yang tersedia untuk memenuhi permintaan. Seorang insinyur menyelidiki teknologi yang dapat membantu mendaur ulang air limbah dari toilet, wastafel, dan pancuran untuk mengubahnya menjadi air minum segar.

Keterampilan manajemen waktu

Insinyur sumber daya air bekerja beberapa jam bila diperlukan. Karena masalah sumber daya air sangat kompleks, jadwal proyek yang pendek adalah hal yang biasa. Ini berarti bahwa insinyur sumber daya air dapat bekerja dengan cepat dan efisien ketika sebuah proyek mengharuskan mereka bekerja lebih cepat.

Keterampilan kreativitas

Kemampuan untuk menghasilkan solusi yang efektif untuk masalah adalah bagian penting dari pekerjaan insinyur sumber daya air. Mereka membutuhkan kemampuan untuk tidak hanya memahami cara kerja teknologi, tetapi juga mengusulkan teknologi baru jika sistem yang ada perlu ditingkatkan. Mengembangkan solusi yang praktis dan inovatif adalah peran kunci bagi insinyur sumber daya air.

Disadur dari: ca.indeed.com