Mengapa Selat Malaka Dikenal sebagai Jalur Sutra?

Dipublikasikan oleh Wanda Adiati, S.E.

30 Juni 2022, 20.55

Selat Malaka (Departemen Pertahanan AS)

Selat Malaka adalah sebuah selat yang terletak di antara Semenanjung Melayu dan Pulau Sumatera, Indonesia.

Sejak zaman kuno, peran Selat Malaka begitu penting bagi kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara, seperti Sriwijaya, Majapahit, Kerajaan Cola, dan beberapa kerajaan lainnya.

Pasalnya, letaknya sangat strategis, karena berada dalam jalur pelayaran penting di dunia. Bahkan, Selat Malaka dikenal sebagai Jalur Sutra.

Lantas, mengapa Selat Malaka dikenal sebagai Jalur Sutra?
 

Sejarah Jalur Sutra

Jalur Sutra merupakan jalur perdagangan internasional kuno, yang menghubungkan peradaban China di timur, dengan dunia Barat.

Jalur ini dihubungkan oleh para pedagang, biarawan, pendeta, ulama, prajurit, dan berbagai kalangan dengan menggunakan karavan atau kapal.

Penamaan Jalur Sutra mengacu pada perdagangan sutra semasa Dinasti Han pada 206 SM-220 M, karena saat itu hanya China yang memproduksi sutra.

Jalur Sutra terdiri dari dua bagian, yaitu rute utara dan selatan. Rute utara melewati Bulgar-Kipchak ke Eropa Timur dan Semenanjung Crimea, kemudian menuju ke Laut Hitam, Laut Marmara, dan Balkan ke Venezia.

Sedangkan rute selatan melewati Turkestan-Khorasan menuju Mesopotamia dan Anatolia, kemudian ke Antiokia di Selatan Anatolia menuju ke Laut Tengah atau melewati Levant ke Mesir dan Afrika Utara.

Dalam perkembangannya, Jalur Sutra tidak hanya menghubungkan pedagang dari barat dan timur, tetapi juga memiliki peran dalam pertukaran budaya, agama, dan ilmu pengetahuan.

Selain Jalur Sutra Darat, ada juga Jalur Sutra Maritim atau Jalur Sutra Laut, yang menghubungkan daratan China dengan negara Barat.

Jalur Sutra Maritim melewati sejumlah laut dan samudra, seperti Laut China Selatan, Selat Malaka, Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Arab, Teluk Persia, dan Laut Merah.

Rute ini bertahan bersamaan dengan perdagangan maritim di Asia Tenggara yang terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya.
 

Selat Malaka adalah Jalur Sutra

Selat Malaka dikenal sebagai Jalur Sutra karena jalurnya memang menghubungkan perdagangan antara Timur dan Barat.

Seperti disinggung sebelumnya, Jalur Sutra Laut melewati sejumlah laut dan samudra, seperti Laut China Selatan, Selat Malaka, Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Arab, Teluk Persia, dan Laut Merah. Selat Malaka, yang berada di perbatasan Nusantara dan Semenanjung Malaya, adalah daerah yang strategis dalam perdagangan internasional.

Sejak zaman kuno, di Selat Malaka terdapat ratusan pelabuhan dan kapal yang melintas dari daratan China menuju Barat ataupun sebaliknya.

Peran Selat Malaka bagi kerajaan yang berdiri di sekitarnya pun sangat vital, karena menjadi sumber pendapatan, seperti Sriwijaya misalnya.

Seiring kemajuan teknologi pelayaran, peran Selat Malaka, yang berada di jalur pelayaran internasional, semakin penting.

Pasalnya, banyak pedagang Eropa yang berlayar menuju ke Timur melalui Tanjung Harapan, Jazirah Arab, terus ke pesisir anak benua India, untuk kemudian menuju daratan China melalui Selat Malaka.

Selat Malaka, yang menjadi bagian dari Jalur Sutra Laut, lebih disukai para pedagang karena lebih aman dan efisien daripada Jalur Sutra Darat.

Secara otomatis, hal ini membuat Selat Malaka menjadi salah satu selat yang paling ramai dan sibuk.

Di sepanjang Selat Malaka, akhirnya semakin banyak tumbuh pelabuhan, yang berkembang menjadi kota-kota bandar perdagangan.

Dalam perkembangannya, Selat Malaka pun menjadi tempat pertukaran budaya.


Sumber Artikel: kompas.com