Menelusuri Jejak Unggulan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Fokus Fakultas dan Kontribusi Pendidikan di Provinsi Banten

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.47

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Memiliki universitas induk di Untirta di Kabupaten Serang, Universitas Teknologi di Kota Cilegon dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Guru di Ciwaru di Kota Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan salah satu perguruan tinggi negeri Indonesia yang berlokasi di Provinsi Banten.

Universitas Teknologi

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terletak di Cilegon. . Lokasi kantor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan respon Sekolah Tinggi Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terhadap masyarakat industri Provinsi Banten. Untuk menunjang penyelenggaraan kurikulum, setiap jurusan mempunyai laboratorium. Laboratorium ini menjadi pendukung utama bagi mahasiswa untuk menyelesaikan perkuliahan sekaligus membantu para dosen menyelenggarakan penelitian-penelitiannya.

FT Untirta berdiri di atas tanah seluas ±1,5 hektare dan dalam waktu dekat ini akan menambah luas wilayahnya menjadi 8 kilometer. Penambahan ini dimaksudkan untuk merespon kebutuhan akan ruangan karena peningkatan mahasiswa Fakultas Teknik yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan pada tahun 1986 dengan dukungan dari kaum cendekiawan dan tokoh masyarakat dengan membuka Jurusan Manajemen. Atas anjuran dan dukungan PT Krakatau Steel, Fakultas Ekonomi dan Bisnis membuka Jurusan Akuntansi pada tahun 1987 guna memenuhi kebutuhan tenaga akuntan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis mendapatkan status terdaftar pada tahun 1989 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0031/0/1989. Atas perkembangan dan kemajuan yang lebih baik pada tahun 1998, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mendapat status "diakui" untuk Jurusan Manajemen dan status "terdaftar" untuk Jurusan Akuntansi dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tingi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 133/IKTI/KEP/1998.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan fakultas tertua dengan program studi terbanyak di Untirta. Mahasiswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 tidak lagi didominasi oleh lulusan SMA di Banten tapi juga luar daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Padang, Medan, dan Palembang. Sebagian besar profesor kami merupakan profesor baru dari universitas terbaik di Indonesia. Program akademik yang berbeda-beda tersebut menjadi acuan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Untirta, khususnya pada program akademik. Setiap jurusan mempunyai hubungan khusus dengan orang asing untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya. Lulusan menjadi guru profesional yang dilengkapi dengan metode pendidikan. Mahasiswa FKIP Untirta banyak yang pernah bekerja di perguruan tinggi swasta maupun luar negeri di dalam dan sekitar Banten.

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan berdasarkan SK Presiden Tirtayasa. 020/YPT/Viii/1984 tanggal 31 Agustus 1984.

Berdasarkan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan lulusan pertanian untuk bekerja di bidang pertanian, Fakultas Pertanian Sultan Ageng Tirtayasa Universitas membuka Program Studi Sarjana Pertanian pada tahun 2000 /2001 dengan persetujuan SK Direktorat Pendidikan Tinggi No. 046/B/T/2002. Sesuai dengan Keputusan Komisi Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi Nomor 001/BAN-PT/Ak-XI/IV/2008 tanggal 18 April 2008 tentang Hasil Akreditasi dan Klasifikasi Program Akademik Perguruan Tinggi Amerika (S -1) program; Kemudian. Program Sarjana Pertanian untuk Perguruan Tinggi telah disahkan melalui Keputusan BAN-PT, No. 017/BAN-PT/Ak-X/S1/X/2006.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org