Menelusuri Jejak Gemilang Universitas Indonesia: Identitas, Pionir Ilmu Pengetahuan, dan Keberlanjutan Hijau

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.51

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Kampus induk terletak di utara Depok, Jawa Barat, di provinsi Depok dan Jakarta Selatan, dan kampus induk lainnya berada di Salemba, Jakarta Pusat. UI merupakan universitas tertinggi di Indonesia. Banyak perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, dan Politeknik Negeri Jakarta, menjadi bagian dari IU hingga terpecah menjadi industri tersendiri. UI juga merupakan salah satu dari tiga universitas terbesar di Indonesia, bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Sebelum berdirinya universitas-universitas di Indonesia, pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah-sekolah dengan tujuan untuk membangunnya. Asisten medis lainnya bekerja pada perawatan tingkat dasar dan mempertahankan sertifikasi untuk mendapatkan gelar dokter Jawa. Secara resmi UI memulai kegiatannya pada tanggal 2 Februari 1950 dengan presiden pertamanya (sekarang perdana menteri) Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Hari ini adalah hari ulang tahun Universitas Indonesia.

ID Properties

Logo UI dibuat pada tahun 1952 oleh Sumartono (alias Sumastono), seorang mahasiswa seni di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Bandung. Desain Sumaxtono terinspirasi dari kala-makara, hiasan banyak candi Hindu di Indonesia. Pada dekorasi candi, Kala berada di atas kekuasaan Sumaxtono dipadukan dengan gambar makara yang melambangkan Universitas Indonesia, sumber ilmu pengetahuan dan produknya tersebar di segala penjuru.

Semuanya, di bawah lambang IU , tumbuh subur karena air yang mengalir Tunjukkan Pohon Pengetahuan. Pohon yang ranting dan pucuknya melambangkan ilmu pengetahuan dan cabang ilmu pengetahuan, dan pucuknya suatu saat akan mekar dan menjadi cabang ilmu baru. Kuncup ini akan terus mekar selama Pohon Pengetahuan masih hidup. Dengan demikian, Sumaxtono berarti berbagai kegiatan ilmiah akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan zaman.

Kartu

UI memiliki bendera kapak yang digunakan pada zaman Neolitikum. , dari Zaman Batu hingga Zaman Perunggu. Usia Masa peralihan menuju... Ini merupakan simbol semangat masyarakat Indonesia yang selalu sadar akan perkembangan zaman.

Di tengah porosnya terdapat lambang Universitas Indonesia, kurang lebih sama hari ini mewakili Universitas asal Indonesia sebagai pembicara sekaligus pengajar. Pelopor ilmu pengetahuan Indonesia. Lambang UI berwarna kuning keemasan pada panji dan bendera cabang dan unit administrasi UI melambangkan keagungan dan kewibawaan.

Jaket dan Jas Almamater UI

Jaket Alma Mater IU adalah Jakun, kepanjangan dari Jas kuning adalah . Dinamakan baju ini Jakun karena warna dasarnya kuning dan logo Universitas Indonesia (Makara) yang menempel di dada kiri sama warnanya dengan warna masing-masing cabang.

Basis kuning melambangkan almamater dari mantel UI. Di bingkai sebelah kiri terdapat gambar ikon UI yang dibuat dengan benang bordir berwarna dan kuning. Kaos IU digunakan dalam upacara-upacara Universitas dan dikenakan oleh pejabat Universitas.

Kampus

Secara geografis, kampus IU terletak di dua lokasi terpencil: Kampus Salemba dan Kampus Depok. Perguruan tinggi tersebut sebagian besar berlokasi di Depok, luasnya 320 hektar dan hanya 25% lahan yang digunakan untuk area pengajaran, penelitian dan kemahasiswaan sehingga menciptakan suasana kampus yang hijau. . 75% wilayah UI dapat digambarkan sebagai ruang hijau berupa hutan kota dan enam danau alami.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org