Mendalami Esensi Perencanaan Tata Ruang: Menentukan Struktur dan Tujuan Pembangunan Wilayah

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 15.58

Sumber: kompas.com

Secara umum perencanaan ini dilakukan untuk mempersiapkan perencanaan kawasan secara umum dan rinci.

Pengertian Penataan Ruang

Laporan dari buku Penataan Ruang Sungai Aluvial dan Sungai Non Sungai Cinta (2021) karya Robert J. Kodoatie dkk, pengertian penataan ruang adalah sebagai berikut: “Perencanaan tata ruang menentukan pola struktur dan keruangan yang melibatkan pengorganisasian dan penetapan rencana tata ruang.” Perencanaan wilayah merupakan kegiatan geografis yang mencakup pembentukan kebijakan ekonomi, sosial, dan budaya dalam masyarakat.

Tuliskan pengertian perencanaan wilayah!

Pengertian rencana wilayah adalah ukuran geografis. yang meliputi penentuan struktur dan pola tata ruang wilayah

Perencanaan wilayah biasanya dibedakan menurut wilayah administrasi pemerintahannya. Sebab setiap daerah mempunyai kebijakan dan kewenangan yang berbeda-beda. Misalnya, perencanaan wilayah nasional berbeda dengan provinsi, regional, dan perkotaan.

Tujuan penataan ruang

Kutipan dari buku Hukum Penataan Ruang karya Juniarso Ridwani dan Achmad Sodik (2023), tujuan penataan ruang adalah pembangunan. Kawasan atau kawasan yang akan dibangun harus disurvei dan direncanakan terlebih dahulu. Sehingga budidayanya bisa maksimal dan efisien. Tujuan perencanaan wilayah adalah mengendalikan struktur dan letak serta hubungan fungsionalnya secara serasi dan seimbang. Selain itu, tujuan perencanaan wilayah adalah untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia.

Singkatnya, tujuan perencanaan wilayah adalah:

  1. Pembangunan wilayah
  2. Mengarahkan struktur dan letak serta hubungan fungsionalnya agar selaras dan seimbang
  3. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia.

Sumber: kompas.com