Membahas Manfaat Vital Terusan Suez dalam Pelayaran Global

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

13 Maret 2024, 08.37

Sumber: kompas.com

SUEZ, KOMPAS.com - Sebagai jalur pendek yang menghubungkan jalur laut dari Asia ke Eropa dan sebaliknya, Terusan Suez memiliki banyak keunggulan bagi pelayaran internasional. Terusan Suez menghubungkan Laut Mediterania dengan Laut Merah. Terusan Suez dirancang oleh insinyur Perancis Ferdinand de Lesseps. Namun, sejarah Terusan Suez di Mesir dimulai pada tahun 1830-an ketika pertama kali dibangun oleh penjelajah dan insinyur Perancis Linant de Bellefonds.

Merangkum artikel Kompas.com sebelumnya, berikut manfaat Terusan Suez bagi industri pelayaran dan Mesir sendiri:
1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas transportasi internasional. 50 kapal melewati Terusan Suez setiap hari.

2. Hal ini memperpendek jarak dari Asia ke Eropa dan sebaliknya. Kapal-kapal Eropa tidak lagi harus mengelilingi pantai barat Afrika untuk berlayar ke Asia.

3. Terusan Suez merupakan jalur terpendek antara Eropa dan negara-negara di Pasifik Barat dan Samudera Hindia, menjadikannya salah satu jalur laut tersibuk di dunia. .

4. Manfaat Terusan Suez selanjutnya adalah berkembangnya sektor perdagangan internasional. Barang senilai $3 miliar (Rs 43,22 triliun) biasanya melewati Terusan Suez setiap hari.

5. Terusan Suez menjadikan Mesir sebagai negara politik yang kuat di mata dunia.

6. Mesir mempunyai banyak pendapatan nasional dari pengelolaan Terusan Suez. Pada tahun 2020, jumlah tersebut akan mencapai $5,6 miliar (Rs. 80,8 miliar pendapatan Mesir dari keuntungan Terusan Suez).

Disadur dari : https://internasional.kompas.com/read/2021/03/29/100649370/manfaat-terusan-suez-bagi-dunia-pelayaran